Ridwan Kamil Janji Fasilitasi HP untuk Kades-RW di Jabar

Mochamad Solehudin - detikNews
Kamis, 06 Sep 2018 18:08 WIB
Ridwan Kamil ingin Jabar jadi provinsi digital (Foto: Mochamad Solehudin)
Bandung - Gubernur Jabar Ridwan Kamil berjanji memfasilitasi telpon genggam kepada seluruh kepala desa dan RW. Supaya seluruh perangkat daerah di Jabar melek teknologi.

pria yang akrab disapa Emil ini ingin menjadikan para kepala desa dan ketua RW tersebut sebagai agen pembangunan digital di provinsi ini. Pasalnya, ia bertekad menjadikan Jawa Barat sebagai provinsi digital di Indonesia.

"Misi keempat tingkatkan produktivitas ekonomi umat melalui teknologi dan kolaborasi. Kita akan membagikan HP (handphone) kepada kepala desa dan ketua RW, dengan begitu akan menjadi agen pembangunan digital," kata Emil, di Gedung Sate, Kamis (6/9/2018).

Dengan cara tersebut, dia menilai, semua masalah akan bisa diselesaikan dengan cepat. Roda ekonomi di desa juga akan berjalan dengan baik dengan adanya sebuah inovasi-inovasi yang dilakukan.

"Aspirasi bisa cepat (disampaikan) dagang (hasil) pertanian bisa lewat HP. Jadi mohon (rencana ini) didukung dewan. Dengan HP akan ada revolusi cara berkomunikasi dan cara berdagang," ucapnya.

Selain itu, dia juga tidak akan membuat sekat dengan kepala daerah di tingkat kabupaten-kota. Dia ingin gubernur dan bupati-wali kota bisa berkolabirasi untuk bersama-sama membangun Jabar dalam lima tahun ke depan.

Bahkan dia berencana membuat grup whatsapp dengan semua kepala daerah di Jabar. Emil juga akan mengajak para kepala daerah untuk mancing bersama agar bisa meningkatkan hubungan emosional.

"Dalam kolaboratif tidak akan banyak mendikte, tapi banyak kolaborasi. Lima tahun ke depan kita kumpul ngariung mancing tiga bulan sekali. Saya ingin bangun hubungan batin antara gubernur dengan kepala daerah," ujar Emil.




Tonton juga 'Usai Pelantikan, Ridwan Kamil Bikin WA Grup':

[Gambas:Video 20detik]

(mso/mud)