detikNews
Rabu 05 September 2018, 17:38 WIB

Upacara Pedang Pora akan Warnai Sertijab Gubernur Jabar Besok

Mochamad Solehudin - detikNews
Upacara Pedang Pora akan Warnai Sertijab Gubernur Jabar Besok Foto: Rengga Sancaya
Bandung - Pemerintah Provinsi Jawa Barat siapkan penyambutan istimewa untuk Gubernur Jabar dan Wagub Jabar yang baru dilantik Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum. Upacara serah terima jabatan (sertijab) juga dikemas dengan cara berbeda.

Kasubag Penata Acara Keprotokoleran Setda Provinsi Jabar Adi Komar menyatakan upacara sertijab dari Penjabat (Pj) M Iriawan kepada Gubernur Jabar Ridwan Kamil akan dikemas secara istimewa. Berbagai kegiatan telah disiapkan untuk memeriahkan upacara sertijab tersebut.

"Sertijab ada beberapa konsep arahan dari Pak Pj Gubernur. Beliau memberi pesan untuk menyambut sebaik mungkin, semeriah mungkin. Terus ada pesan juga dari Pak Gubernur terpilih untuk bisa melibatkan komponen masyarakat," kata Adi di Gedung Sate, Kota Bandung, Rabu (5/9/2018).



Adi mengatakan upacara sertijab rencananya akan dimulai sekitar pukul 09.00 WIB. Upacara akan diawali dengan penyambutan Gubernur dan Wakil Gubernur Jabar yang baru dilantik oleh Pj Gubernur Jabar dan Sekda Jabar sambil diiringi lengser.

"Ada proses adat, nanti disambut oleh Pak Pj dan Pak Sekda. Ada lengser, ada beberapa ceremony sambutan. Penyerahan cinderamata, ada penampilan tari-tarian juga," katanya.

Setelah itu, kata Adi, upacara sertijab akan ditutup dengan upacara pedang pora dari 50 Praja IPDN untuk melepas Pj Gubernur M Iriawan. Para pejabat di lingkungan Pemprov Jabar juga akan turut mengantarkan Iriawan yang telah membantu mengawal roda pemerintahan Jabar selama kurang lebih dua setengah bulan ini.

"Terakhir ada tradisi baru, menghormati kepala daerah (yang sudah selesai) nanti ada pedang pora dari Praja IPDN untuk melepas Pj Gubernur mengiringi sampai gerbang (depan Gedung Sate)," katanya.

Pihaknya akan berupaya memberikan penyambutan dan perpisahan terbaik bagi pemimpin baru dan juga pemimpin lama yang sudah mengabdi untuk Jabar. Kurang lebih 2.000 tamu undangan akan hadir dalam upacara tersebut.

"Kita akan setting yang terbaik, ada surprise. Ada komponen masyarakat dari organisasi kepemudaan juga kita undang," ucapnya.

Setelah upacara sertijab selesai, pada pukul 13.00 WIB Gubernur Jabar dan Wakil Gubernur Jabar yang baru Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum akan mengikuti sidang Paripurna DPRD Jawa Barat. Di sana para pemimpin Jabar baru tersebut akan melakukan pidato perdananya.

"Untuk ke gedung DPRD kita persiapkan beberapa alternatif. Jalan kaki atau menggunakan mobil," ujarnya.


(mso/ern)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com