Besok Jadi Gubernur, Ridwan Kamil Beres-beres Kantor Wali Kota

Tri Ispranoto - detikNews
Selasa, 04 Sep 2018 15:41 WIB
Ridwan Kamil beres-beres kantor Wali Kota Bandung (Foto: Tri Ispranoto)
Ridwan Kamil beres-beres kantor Wali Kota Bandung (Foto: Tri Ispranoto)
Bandung - Selasa 4 September 2018 menjadi hari bersejarah bagi Ridwan Kamil. Di hari itu pria yang akrab disapa Emil ini akan mengakhiri jabatannya sebagai Wali Kota Bandung periode 2013-2018.

Pria berkacamata ini Rabu 5 September besok akan dilantik oleh Presiden Joko Widodo sebagai Gubernur Jabar periode 2018-2023 setelah keluar menjadi pemenang di Pilgub Jabar bersama wakilnya Uu Ruzhanul Ulum.

"Pertadi pagi ada radiogram dari Kemendagri untuk (pelantikan gubernur) Jabar tidak tercantum. Tapi sejam lalu melalui Dirjen Otda setelah koordinasi dengan istana, saya besok dilantik," ujar Emil di Balai Kota Bandung.

Ridwan Kamil dilantik jadi Gubernur Jabar besok (Foto: Tri Ispranoto)

Mendapat kabar itu, Emil yang sebelumnya memimpin rapat di Pendopo Kota Bandung langsung bergegas menuju Balai Kota Bandung untuk membereskan beberapa barang yang ada di kantor nya.

"Sok saha nu hayang iyeu. Iyeu mah langsung boga wali kota," ucap Emil sambil menyodorkan topi bertuliskan Wali Kota Bandung Ridwan Kamil yang biasa dipakainya sehari-hari.

Dua topi itu pun akhirnya diberikan pada Kabag Humas Pemkot Bandung Yayan A Brilliyan dan salah seorang televisi nasional Iwan Gumilar.


Di dalam ruangannya Emil membereskan sendiri sejumlah frame foto hasil jepretannya sendiri dan sebuah lukisan Presiden Sukarno hasil karya orang lain. Tidak hanya itu sejadah yang biasa ia gunakan tepat di samping kursi wali kota pun tak luput ia bereskan.

"Kalau ruangannya di sana (Gedung Sate) memadai mah mau dipasang lagi," ujar Emil.

Rencana di waktu yang sempit ini Emil akan menggelar perpisahan dengan para PNS Pemkot Bandung sebelum nantinya berangkat ke Jakarta untuk menghadiri pelantikan besok. (tro/mud)