DetikNews
Minggu 02 September 2018, 14:30 WIB

Melihat Kemeriahan Festival Pesona Lokal di Bandung

Tri Ispranoto - detikNews
Melihat Kemeriahan Festival Pesona Lokal di Bandung Kemeriahan Festival Pesona Lokal (Foto: Tri Ispranoto)
Bandung - Ribuan orang memeriahkan rangkaian acara Festival Pesona Lokal di Gedung Sate, Kota Bandung, Minggu (2/9/2018). Beragam pertunjukan seni tradisional dihadirkan dalam kegiatan tersebut.

Acara dimulai dengan karnaval budaya dengan menampilkan berbagai kearifan lokal, pakaian adat dan seni tradisional lainnya seperti Sisinggaan dan Kuda Renggong. Para peserta karnaval tersebut berkeliling Gedung Sate dengan jarak mencapai 2,8 KM.

Selain karnaval, acara ini juga dimeriahkan oleh pameran produk UMKM, food truck hingga berbagai lomba dengan hadiah jutaan rupiah. Acara yang berlangsung hingga Minggu malam itu akan ditutup dengan penampilan artis dangdut Zaskia Gotik.

Acara yang didukung oleh Kemenpar RI, Pemprov Jabar dan Pemkot Bandung ini merupakan progam CSR dari Adira Finance dalam bentuk pemberdayaan kebudayaan dan promosi wisata khususnya di daerah Jawa Barat.

"Acara ini dimaksudkan untuk mempromosikan wisata Indonesia khususnya Jabar," ujar Dirut Adira Finance Hafid Hadeli di lokasi acara.

Kegiatan ini diselenggarakan Adira Finance (Foto: Tri Ispranoto)

Hafid mengatakan acara yang rencananya akan berlangsung di sembilan kota lain itu sengaja diawali dari Gedung Sate. Sebab bangunan tersebut merupakan salah satu ikon wisata di Kota Bandung dan Jabar.

Menurutnya acara ini adalah bagian dari komitmen Adira pada HUT ke-28 yang ingin turut mempromosikan budaya Indonesia di setiap daerah.

"Kalau budaya dan pariwisata kita bagus tentu perekonomian juga akan meningkat. Maka semua orang semakin bisa menikmatinya," ungkap dia.

Sementara itu Wali Kota Bandung Ridwan Kamil menilai acara tersebut sebagai ciri Indonesia adalah negara yang damai. Sehingga banyak festival yang bisa dinikmati oleh warga dan wisatawan.

"Ini menunjukkan Indonesia adalah negeri yang sedang damai, penuh inspirasi dan kreatifitas. Maka jumlah yang ditampilkan (kebudayaan) banyak sekali. Ini harus dijaga. Ini nikmat Allah yang sangat mahal," katanya.

Ragam kesenian tradisional khas Jabar dihadirkan (Foto: Tri Ispranoto)

Pria yang karib disapa Emil ini menilai tidak semua negara bisa bahagia seperti Indonesia karena banyaknya festival yang membuat damai seluruh warga dan menarik bagi wisatawan.

Ia berharap semakin banyak perusahaan yang mendedikasikan CSR untuk membangun masyarakat melalui berbagai program, salah satunya seperti kebudayaan dan pariwisata seperti acara kali ini.

"Mudah-mudahan ini menginspirasi perusahaan lain untuk melakukan ekspresi kebahagiaannya dalam bentuk festival budaya," ujar Emil.
(tro/mud)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed