Raih Emas, Atlet Pencak Silat Asal Garut Siap Diarak

Hakim Ghani - detikNews
Rabu, 29 Agu 2018 20:09 WIB
Yuristya Pramudita, Gina Tri Lestari, dan Lutfi Nurhasanah meraih medali emas setelah mengumpulkan nilai 466. (Foto: Grandyos Zafna/detikcom)
Garut - Atlet asal Garut yang berlaga di Asian Games 2018 siap disambut masyarakat. Para atlet akan diarak keliling kota.

"Kita akan pawai. Buat penyambutan. Masyarakat Garut akan menyambut mereka," ujar Wakil Bupati Garut Helmi Budiman di kantornya, Jalan Pembangunan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Rabu (29/08/2018).

Penyambutan akan dilaksanakan selepas gelaran Asian Games 2018 berakhir. Selain penyambutan, Helmi mengatakan, Pemkab Garut akan memberikan kucuran bonus terhadap para atlet.


Untuk atlet peraih medali emas, disiapkan bonus sebesar Rp 100 juta. "Kita terima kasih kepada pemerintah pusat yang sudah menyiapkan bonus. Kita juga siapkan bonus 100 juta rupiah untuk tiap medali emas," ujar Helmi.

Sedikitnya ada 10 atlet asal Garut yang berlaga di Asian Games 2018. Mereka masing-masing berjuang di cabang olahraga (cabor) bela diri, polo air, dayung, badminton serta hoki.

Dari jumlah tersebut, beberapa di antaranya berhasil menyumbang medali emas bagi Indonesia. Terbaru, trio Lutfi Nurhasanah, Yuristya Pramudita dan Gina Tri Lestari sukses memberikan emas dari cabor pencak silat nomor seni beregu putri.

Baca juga: Raih Emas, Pencak Silat Juga Temukan Perbedaan Gelanggang untuk Asian Games

Dalam persaingan di Padepokan Pencak Silat, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, Rabu (29/08/2018), regu putri Indonesia yang diperkuat oleh Yuristya Pramudita, Gina Tri Lestari, dan Lutfi Nurhasanah menjadi yang terbaik. Mereka diganjar nilai 466 dan berhak mendapatkan emas.

Sebelumnya, pencak silat regu putra yang digawangi Nunu Nugraha, Asep Yuldan dan Anggi Faisal sukses menyumbangkan medali emas bagi Indonesia. Selain memberikan uang kadeudeuh, Pemkab Garut akan mengangkat para peraih emas sebagai pegawai negeri sipil (PNS). (bbn/bbn)