detikNews
Senin 27 Agustus 2018, 08:15 WIB

Polisi Gerebek Kontrakan di Palabuhanratu yang Produksi Ciu

Syahdan Alamsyah - detikNews
Polisi Gerebek Kontrakan di Palabuhanratu yang Produksi Ciu Foto: Istimewa
Sukabumi - Personel gabungan dari Polsek Palabuhanratu Resor Sukabumi menggerebek sebuah rumah kontrakan tempat pembuatan miras oplosan yang dikenal dengan sebutan 'ciu modifikasi', pada Minggu (26/8/2018) malam.

Dari tempat tersebut polisi menyita berbagai bahan campuran minuman keras dan puluhan plastik paket miras oplosan siap edar. Selain barang bukti tersebut polisi juga mengamankan satu orang peracik berinisial DN.

"Satu pelaku kita amankan, empat rekannya melarikan diri begitu melihat kedatangan petugas. Saat ini mereka masih dalam pengejaran anggota," kata Kapolres Sukabumi AKBP Nasriadi kepada detikcom, Senin (27/8/2018).

Penggerebekan itu bermula saat personel kepolisian melakukan patroli dengan sasaran minuman keras. Saat melakukan patroli, anggota menerima laporan adanya sebuah kontrakan yang dijadikan pabrik rumahan miras oplosan.

Setelah mengatur strategi, petugas kemudian bergerak ke lokasi yang ditunjukan warga di Kampung Tipar RT 12 RW 01 Desa Buniwangi, Kecamatan Palabuhanratu.

"Anggota kita sudah melakukan pengepungan, saat itu para pelaku memang sedang meracik sejumlah bahan untuk dibuat miras oplosan. Bahan utama campuran miras tersebut diantaranya ciu minuman fermentasi beralkohol itu mereka modifikasi sebagai campuran dengan bahan-bahan lainnya," lanjut Nasriadi.

Barang bukti yang diamankan polisi antara lain 10 buah jeriken ukuran 30 liter yang masih berisi air racikan jenis Ciu, 2 galon air mineral, 4 buah botol pembersih lantai isi penuh, 84 miras hasil produksi yang dibungkus plastik, 8 botol miras, selang dan peralatan untuk meracik.

"Informasi yang kita peroleh ciu itu dibeli seorang pelaku berinisial R, terkait campuran lainnya masih kita selidiki lagi. Peristiwa ini masih dalam pengembangan anggota kita, termasuk berapa lama mereka sudah beroperasi," tandasnya.
(sya/ern)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com