DetikNews
Rabu 22 Agustus 2018, 10:47 WIB

Jokowi Kurban Sapi 850 Kilogram di Masjid Raya Bandung

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Jokowi Kurban Sapi 850 Kilogram di Masjid Raya Bandung Foto: Dony Indra Ramadhan
Bandung - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengirimkan hewan kurban ke Masjid Raya Bandung. Jokowi memberikan hewan kurban sapi seberat 850 kilogram.

Sapi tersebut dikirimkan sejak Senin (20/8) lalu. Sapi baru diserahterimakan dari Sekda Jabar Iwa Karniwa pagi tadi seusai salat Idul Adha, Rabu (22/8/2018).

Sebelum disembelih, sapi tersebut disimpan di sebuah gang di dekat makam R.A Wiranatakusumah II, Bupati Bandung sekaligus pendiri Kota Bandung. Sapi besar berwarna cokelat diikat ke tiang besi di kawasan tersebut.

"Iya kita mendapatkan sapi kiriman dari bapak Presiden. Beratnya 850 kilogram. Paling besar di antara yang lain," ucap Ketua Bidang Pemberdayaan Umat Asep Toto Ghazali di Masjid Raya Bandung.

Asep mengatakan sapi tersebut akan disembelih dalam waktu dekat bersamaan dengan hewan kurban lainnya yang ada di Masjid Raya Bandung. Potongan daging kurban tersebut, akan dibagikan ke masyarakat yang membutuhkan.

"Totalnya ada 3.500 mustahiq yang akan menerima," katanya.

Jokowi Sumbang Sapi 850 Kilogram ke Masjid Raya BandungFoto: Dony Indra Ramadhan




Di Masjid Raya Bandung terdapat 9 ekor sapi. Selain dari Jokowi, sapi lainnya berasal dari Pj Gubernur Jabar M Iriawan, Wali Kota Bandung Ridwan Kamil, Kapolda Jabar Irjen Agung Budi Maryoto dari instansi lain dan jemaah lainnya.

"Selain sapi kita juga ada domba 5 ekor. Kemungkinan tidak akan nambah lagi hewan kurbannya. Jadi 9 ekor sapi dan 5 domba," kata dia.

Potongan daging hewan kurban akan dibagian pihak masjid ke masyarakat yang membutuhkan. Proses pembagian dilakukan setelah salat Ashar. Untuk prosesnya, akan dibagikan secara pembagian langsung.

"Sistemnya langsung. Penerima nanti akan dimasukkan ke dalam masjid. Antrean berdasarkan shaf salat. Dibagi dua pintu di utara dan selatan. Untuk jumlah berat yang dibagikan lihat nanti, tapi biasanya di bawah setengah kilogram," tutur Asep.
(dir/ern)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed