detikNews
Selasa 21 Agustus 2018, 09:42 WIB

Sebagian Warga Sukabumi Laksanakan Shalat Idul Adha Hari Ini

Syahdan Alamsyah - detikNews
Sebagian Warga Sukabumi Laksanakan Shalat Idul Adha Hari Ini Foto: Syahdan Alamsyah
Sukabumi - Ratusan umat muslim terlihat khusyuk melakukan Salat Idul Adha di Masjid Daruttaqwa yang berada di area Toserba Selamat, Kota Sukabumi. Mereka menjalankan salat lebih cepat dari keputusan pemerintah.

Ustaz Yan Maulana Hidayat, Ketua Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Daaruttaqwa menyebut pihak manajemen toserba memfasilitasi dua kelompok yang ingin melaksanakan Salat Id.

"Mohon ditegaskan, bukan (toserba) Selamat yang dua kali (Salat Id) tapi memfasilitasi dua kelompok yang ingin melaksanakan Salat Id hari ini dan besok. Yang ingin Selasa silahkan, yang Rabu silahkan karena tempat ini dipergunakan untuk ibadah," kata Yan kepada awak media, Selasa (21/8/2018).

Menurut Yan, pihaknya mengambil keputusan melaksanakan Salat Id hari ini karena keyakinannya ketika Shaum (puasa) arafatnya hari Senin maka salatnya hari Selasa.

"Di Saudi Arabia juga wukufnya hari Senin pelaksanaan lempar jumrahnya Selasa. Kami juga menggormati yang pilihan Rabu, kan Fiqih itu ada dua Rukyatul hilal atau Ruyahtul global, kami global," jelasnya.

Yan juga menjelaskan pihaknya bukan ingin berbeda dengan yang akan melaksanakan salat pada Rabu (22/8/2018) besok. "Hanya soal keyakinan, bukan ingin beda dengan yang lain kami menghormati pilihan yang lain dan kami menjalankan apa yang kami yakini," lanjutnya.

Yan menegaskan, yang melaksanakan salat hari inj bukan dari kelompok organisasi islam tertentu, bahkan menurutnya ada anggota yang berasal dari salah satu organisasi yang menetapkan pelaksanaan Salat Idul Adha Rabu, tapi melaksanakan Salat hari ini.

"Sekali lagi kami menghormati pilihan (Salat Id) yang hari Rabu yang mau hari ini silahkan, ternyata dari berbagai organisasi yang menyatakan hari Rabu ternyata ikut juga ke hari ini. Sukabumi ada tiga lokasi, ternyara di Kabupaten Sukabumi juga banyak," tandasnya.


Tonton juga video: 'Masjid Al Azhar Salat Id dan Potong Hewan Kurban Pagi Ini'

[Gambas:Video 20detik]


(sya/ern)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed