detikNews
Senin 20 Agustus 2018, 17:22 WIB

Ini Isi Koper di Warteg Bandung Usai Dicek Tim Jibom

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Ini Isi Koper di Warteg Bandung Usai Dicek Tim Jibom Tim Jibom Polda Jabar memeriksa koper mencurigakan. (Foto: Dony Indra Ramadhan/detikcom)
Bandung - Tim Penjinak Bom (Jibom) Sat Brimob Polda Jabar mengecek langsung isi koper mencurigakan yang ditemukan di dalam sebuah warung makan. Apa isinya?

Penyisiran Tim Jibom di rumah makan Warteg Ciptarasa atau samping SPBU, Jalan Terusan Buahbatu, Kelurahan Kujangsari, Kecamatan Bandung Kidul, Kota Bandung, Senin (20/8/2018), berlangsung mulai pukul 15.40 hingga 16.30 WIB.


Proses pengamanan sesuai standar prosedur. Tim awalnya memasang alat deteksi terlebih dahulu yang ditempel ke sejumlah koper dan tas. Satu orang berpakaian tebal dengan penutup kepala masuk ke dalam warung. Dia menganalisis dan mengecek isi yang ada di dalam koper.

Tak butuh waktu lama, setelah seluruh proses dilakukan, Tim Jibom membawa keluar satu persatu tas yang ada di dalam. Terlihat ada tiga koper (sebelumnya ditulis empat koper) masing-masing berwarna biru gelap, merah dan perak. Sedangkan satu tas kecil jinjing berwarna hitam.

Ini Isi Koper di Warteg Bandung Usai Dicek Tim JibomIsi koper itu ternyata pakaian dan alat rumah tangga. (Foto: Dony Indra Ramadhan/detikcom)
Saat dibuka, isi dari koper tersebut berupa pakaian dan peralatan rumah tangga. Ada beberapa setel baju, celana, antena, dokumen, piring, buku-buku dan barang lain.

"Setelah dilakukan pengecekan, tidak ada sama sekali benda yang menyerupai bahan peledak," ucap Kapolsek Bandung Kidul Kompol M. Sudirman di lokasi.

Sudirman mengatakan informasi soal benda mencurigakan tersebut didapat dari laporan pemilik. Usai menerima laporan, pihaknya langsung menghubungi pimpinan dan mendatangkan Jibom.

"Dilaporkannya sejak kemarin ada benda dibawa oleh seorang laki-laki dan perempuan di atas 50 tahun. Sesuai SOP, kita lapor dan minta petunjuk didatangkan tim dari Polda Jabar. Kemudian setelah disisir, ternyata isinya bisa dilihat seperti orang mau pindahan," kata dia.

Barang-barang tersebut saat ini sudah dibawa ke Mapolsek Bandung Kidul. Polisi akan mencari tahu sang pemilik dari tas.

"Bagi pemilik yang mau ambil dipersilakan ," ucapSudirman.

(dir/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com