DetikNews
Minggu 19 Agustus 2018, 11:16 WIB

Mengenakan Pakaian Adat, Iriawan Pimpin Apel HUT Ke-73 Jabar

Mochamad Solehudin - detikNews
Mengenakan Pakaian Adat, Iriawan Pimpin Apel HUT Ke-73 Jabar M Iriawan pimpin apel HUT Jabar ke 73 (Foto: Mochamad Solehudin)
Bandung - Memperingati hari jadinya ke - 73, Pemerintah Provinsi Jawa Barat menggelar apel besar di Lapangan Gasibu, Minggu (19/8/2018). Apel tersebut diikuti oleh ribuan pegawai negeri sipil dan siswa SMA di Jawa Barat.

Apel dimulai sekitar pukul 08.00 WIB. Penjabat Gubernur Jawa Barat M Iriawan bertindak sebagai pembina upacara. Dalam apel tersebut, para pejabat yang hadir kompak menggunakan pakaian adat Sunda.

Sejumlah prosesi upacara berjalan dengan penuh kekhidmatan. Sejumlah tamu undangan mulai dari Kapolda Jabar Irjen Pol Agung Budi Maryoto, Pangdam III Siliwangi Mayjen TNI Besar Harto Karyawan, para kepala daerah tingkat kabupaten dan kota serta tamu undangan lainnya juga dengan khidmat mengikuti apel perayaan HUT ke-73 Jawa Barat.

"Dari masa ke masa sejak awal kemerdekaan hingga kini, kontribusi Jawa Barat terhadap Negara Kesatuan Indonesia sangat strategis. Tidak saja karena Jawa Barat sebagai salah satu dari delapan provinsi pertama yang terbentuk dua hari setelah proklamasi kemerdekaan Indonesia, melainkan karena jabar merupakan provinsi terdepan dalam membangun kemajuan dan inovasi," ucap Iriawan, dalam sambutannya.

Apel HUT Jabar ke 73 (Foto: Mochamad Solehudin)
Dalam kesempatan tersebut dia juga menyampaikan rasa terima kasihnya kepada masyarakat yang telah turut membantu suksesnya Pilgub dan Pilkada Serentak di Jabar 27 Juni lalu. Pasalnya, pesta demokrasi lima tahunan tersebut berjalan lancar, aman dan damai.

"Peringatan hari jadi Provinsi Jabar ke 73 tahun ini kita selanggarakan dalam suasana yang melegakan, setelah kita melewati masa-masa tahapan Pilkada Serentak Tahun 2018, yang memiliki banyak potensi kerawanan. Tapi syukur alhamdulillah seiring semakin dewasanya politik masyarakat Pilkada di Jabar aman dan lancar," katanya.

Dia juga berharap, momentum peringatan HUT ke-73 Jabar bisa menjadi pengingat sekaligus penyemangat bagi semua pihak untuk bahu membahu membangun Jawa Barat yang lebih baik.

"Semoga momentum peringatan Hari Jadi Provinsi Jabar dan HUT RI ke-73 kali ini menjadi pengingat sekaligus penyemangat bagi kita,untuk terus melestarikan nilai-nilai dan semangat perjuangan para pahlawan, serta mewujudkan kemajuan daerah dan kesejahteraan masyarakat Jawa Barat," ujarnya.


Tonton juga video: 'Kata Mereka yang Kenakan Baju Adat di Istana Merdeka'

[Gambas:Video 20detik]


(mso/mud)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed