DetikNews
Sabtu 18 Agustus 2018, 13:46 WIB

Saat 'Jokowi' dan 'Prabowo' Berdampingan di Karnaval Agustusan

Wisma Putra - detikNews
Saat Jokowi dan Prabowo Berdampingan di Karnaval Agustusan Terlihat 'Prabowo' dan 'Jokowi' berdampingan sambil mengacungkan tangannya ke arah warga. (Foto: Wisma Putra/detikcom)
Kabupaten Bandung - Karnaval Agustusan memperingati HUT Ke-73 Republik Indonesia (RI) di Paseh Bandung berlangsung meriah. Warga menggunakan aneka atribut dan membawa ragam dekorasi. Tersempil peserta bertopeng wajah dua capres 2019, Joko Widodo (Jokowi) dan Prabowo Subianto, yang mewarnai keramaian acara tersebut.

Gelaran karnaval Hari Kemerdekaan berlangsung di Lapangan Tangsimekar, Kecamatan Paseh, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Sabtu (18/8/2019). Sosok 'Jokowi' dan 'Prabowo' yang hadir dalam iring-iringan parade Agustusan itu membetot perhatian peserta lain dan penonton.

Terlihat 'Prabowo' dan 'Jokowi' berdampingan sambil mengacungkan tangannya ke arah warga. Keduanya menaiki replika kendaraan berbahan kardus.

"Hidup Jokowi! Hidup Prabowo!" kata sejumlah warga yang menyaksikan Karnaval 17 Agustusan.

Saat 'Jokowi' dan 'Prabowo' Berdampingan di Karnaval AgustusanWarga peserta karnaval Agustusan di Paseh Bandung berdandan ala Presiden pertama RI Sukarno dan Panglima Besar Jenderal Sudirman. (Foto: Wisma Putra/detikcom)
Peserta karnaval yang memerankan dua tokoh tersebut perwakilan dari Desa Cipedes Paseh. Salah satu warga, Dede Kusumah (42), menyebut munculnya 'Prabowo' dan 'Jokowi' pada acara Agustusan ini hal positif.

"Bukan maksud untuk berkampanye, tapi untuk sosialisasikan Pilpres 2019 mendatang," ujar Dede.

Pada karnaval ini ada peserta lainnya yang berdandan ala Presiden pertama Indonesia Sukarno dan Panglima Besar Jenderal Sudirman. Selain itu, pawai Agustusan tersebut makin semarak dengan pertunjukan drama kolosal perjuangan tentara Indonesia melawan penjajah.

Saat 'Jokowi' dan 'Prabowo' Berdampingan di Karnaval AgustusanKemeriahan karnaval Agustusan yang digelar warga di Paseh Bandung. (Foto: Wisma Putra/detikcom)
Panitia turut menghadirkan kesenian tradisional khas Jawa Barat di antaranya kuda renggong, pencak silat, jaipongan, terbang buhun, singa depok, calung, dan bebegig. Karnaval ini menjadi tontonan ratusan warga, sekaligus sebagai sarana edukasi bagi anak-anak tentang kemerdekaan serta kebudayaan.

"Setiap tahun saya selalu mengajak anak-anak untuk melihat pawai Agustusan. Selain memberikan hiburan, anak-anak juga mendapatkan banyak ilmu pengetahuan tentang kemerdekaan dan banyak kesenian," ujar Lina Ardelia (38), warga setempat.
(bbn/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed