DetikNews
Jumat 17 Agustus 2018, 18:08 WIB

Tawa Canda Warga Paseh Bandung Gelar Lomba di Sawah Kering

Wisma Putra - detikNews
Tawa Canda Warga Paseh Bandung Gelar Lomba di Sawah Kering Anak-anak lomba balap karung sambil jongkok dan menggunakan helm. (Foto: Wisma Putra/detikcom)
Kabupaten Bandung - Warga kampung Sukasari Kecamatan Paseh, Kabupaten Bandung, manfaatkan lahan sawah kering akibat kemarau untuk menggelar sejumlah perlombaan dalam memperingati HUT Ke-73 Republik Indonesia (RI). Sejumlah perlombaan antara lain balap karung menggunakan helm, sepakbola ibu-ibu dan maraton.

Pantauan detikcom di RT 03 RW 09, Desa Mekarpawitan, Kecamatan Paseh, Jumat (17/8/2018), puluhan anak berkumpul di lahan sawah kering yang diubah menjadi lapangan untuk berlomba balap karung. Lain pada umumnya, para peserta balap karung ini harus menggunakan helm dan berjalan dengan cara membungkuk.


Saat panitia meniup pluit, tanda pertandingan dimulai. Lima orang berjajar rapi lengkap dengan mengenakan karung dan helm. Mereka meloncat-loncat menuju garis finis.

"Perlombaan ini digelar untuk memperingati HUT Ke-73 RI yang diisi dengan sejumlah perlombaan dan diikuti oleh anak-anak, ibu-ibu dan bapak-bapak," kata Ketua RW 09, Dadang Didi.

Tawa Canda Warga Paseh Bandung Gelar Agusrusan di Sawah KeringISejumlah perempuan ikut lomba sepakbola. (Foto: Wisma Putra/detikcom)
Perlombaan tersebut menjadi hiburan bagi warga setempat. Kala peserta terjatuh saat berlomba, sejumlah warga spontanitas tertawa lepas.

"Kegiatan ini digelar setahun sekali, setiap 17 Agustusan," ucap Dadang.


Usai pertandingan balap karung selesai, panitia menggelar pertandingan sepakbola ibu-ibu. Tawa canda pun kembali terlihat dari raut wajah warga saat ibu-ibu itu berlari saling merebutkan bola yang berujung jatuh serta tabrakan.

Selain itu, panitia melaksanakan lomba lari maraton untuk kategori anak usia 7-10 tahun. Mereka berlari sejauh dua kilometer mengitari lahan persawahan yang mengering karena musim kemarau.

"Seru sekali. Hiburan rakyat untuk memperingati Agustusan," ujar Cucu (40), warga yang ikut pertandingan sepakbola.
(bbn/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed