DetikNews
Jumat 17 Agustus 2018, 15:57 WIB

HUT RI, Komunitas Motor Bentangkan Bendera Raksasa di Sukabumi

Syahdan Alamsyah - detikNews
HUT RI, Komunitas Motor Bentangkan Bendera Raksasa di Sukabumi Gabungan komunitas motor dari berbagai daerah di Indonesia rayakan HUT RI di Sukabumi. (Foto: Syahdan Alamsyah/detikcom)
Sukabumi - Gabungan komunitas motor dari berbagai daerah di Indonesia melakukan acara peringatan kemerdekaan di monumen perjuangan Palagan Bojongkokosan, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Jumat (17/8/2018). Di lokasi tersebut mereka membentangkan bendera raksasa berukuran panjang 45 meter dan lebar 8 meter.

Lebar dan panjang bendera diartikan sebagai bulan dan tahun kemerdekaan Indonesia. Bukan hanya itu, lima tiang sebagai penyangga bentangan bendera diartikan sebagai Pancasila dengan lima sila.

"Untuk tanggal sendiri kami memajang 17 motor dari berbagai jenis dan merk di bawah bentangan bendera. Motor itu berbeda jenis mewakili masing-masing komunitas motor yang datang hari ini," kata Richart Syarief humas acara kepada detikcom di lokasi.

Menurut Richart, apa yang dilakukan komunitasnya bertujuan untuk mempererat jalinan silaturahmi dengan berbagai komunitas pecinta otomotif terutama motor.

"Yang paling jauh ada dari Lampung, ada juga dari Bogor, Depok, Jakarta, Bandung dan komunitas motor dari Sukabumi ada juga teman-teman dari ojek online. Intinya acara ini kami buat untuk menumbuhkan rasa nasionalisme dan persatuan antar komunitas," lanjutnya.

HUT RI, Komunitas Motor di Sukabumi Bentangkan Bendera RaksasaGabungan komunitas motor dari berbagai daerah di Indonesia rayakan HUT RI di Sukabumi. (Foto: Syahdan Alamsyah/detikcom)
Di tempat yang sama, ketua panitia acara Hendri Gunawan menambahkan acara peringatan kemerdekaan yang dilakukannya merupakan inisiasi dari setiap komunitas. Bendera dan perlengkapan lainnya diperoleh dari hasil patungan.

"Semuanya patungan anak-anak komunitas yang ikut hari ini, kami ingin memberikan gambaran juga ke masyarakat kalau kami adalah sebatas komunitas, bukan geng motor yang ugal-ugalan dengan cerminan kekerasan.

"Acara akan disambung dengan beberapa perlombaan, hiburan dan nonton bareng film perjuangan," kata Richart.



Tonton juga video: 'Merah Putih Harus Tetap Berkibar! Apapun Kondisinya'

[Gambas:Video 20detik]


(sya/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
BERITA TERBARU +