DetikNews
Kamis 16 Agustus 2018, 23:38 WIB

Ridwan Kamil Siapkan Tim Bangun Rumah Tahan Gempa di Lombok

Tri Ispranoto - detikNews
Ridwan Kamil Siapkan Tim Bangun Rumah Tahan Gempa di Lombok Wali Kota Bandung Ridwan Kamil meninjau pengungsian korban gempa di Lombok. (Foto: Tri Ispranoto/detikcom)
FOKUS BERITA: Gempa Lombok 6,9 SR
Lombok - Wali Kota Bandung Ridwan Kamil berencana mengirim sejumlah tim yang terdiri dari arsitek dan insinyur untuk membantu membangun rumah tahan gempa di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Pria yang akrab disapa Emil ini mengatakan langkah penanganan yang harus segera dilakukan ialah membangun kembali sejumlah rumah warga yang hancur akibat gempa.

"Membangun rumah itu butuh waktu. Tadi kita sepakat akan mengirim insinyur yang ahli membuat bangunan tahan gempa," kata Emil, Kamis (16/8/2018).


Emil mengaku pernah terlibat dalam pekerjaan serupa saat terjadi gempa di Padang dan Pangalengan (Kabupaten Bandung). Saat itu ia bersama tim membuat rumah-rumah yang bisa meredam dan meminimalisir dampak gempa.

"Pada dasarnya kita buat rumah yang bisa ikut goyang, gerak dan tidak melawan saat gempa. Kalau rumah diam itu sama dengan melawan gempa, makanya patah," ucapnya.

Menurut Emil, para leluhur sudah mewarisi ilmu tersebut dengan membuat konstruksi rumah menggunakan kayu yang memiliki sambungan elastis. Namun seiring zaman, rumah tradisional mulai ditinggalkan dan beralih ke modern.

"Tapi nanti enggak selalu harus pakai kayu. Misal, nanti kita buat fondasinya menggunakan bantalan seperti karet agar tidak patah saat gempa," ujarnya.


Ia memastikan hal tersebut ialah salah satu komitmennya yang telah disampaikan langsung ke Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Muhammad Zainul Majdi atau Tuan Guru Bajang (TGB).

"NTB akan selalu ada di hati kita karena kemiripan sosial, budaya dan agamanya," kata Emil


Tonton juga video: 'Instruksi Presiden dari Tenda Pengungsi Gempa Lombok'

[Gambas:Video 20detik]


(tro/bbn)
FOKUS BERITA: Gempa Lombok 6,9 SR
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed