DetikNews
Kamis 16 Agustus 2018, 16:38 WIB

Ridwan Kamil Salurkan Bantuan Rp 2 Miliar ke Korban Gempa Lombok

Tri Ispranoto - detikNews
Ridwan Kamil Salurkan Bantuan Rp 2 Miliar ke Korban Gempa Lombok Ridwan Kamil donasikan bantuan korban gempa lombok (Foto: Tri Ispranoto)
FOKUS BERITA: Gempa Lombok 6,9 SR
Lombok - Wali Kota Bandung Ridwan Kamil menyalurkan bantuan Rp 2 miliar untuk korban gempa di Lombok. Bantuan tersebut terkumpul dari donasi warga, Pemkot Bandung dan swasta selama empat hari.

Bantuan tersebut secara simbolis diberikan langsung kepada Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Zainul Mazdi atau Tuan Guru Bajang (TGB) di Kantor Kecamatan Lingsar, Kabupaten Lombok Barat.

"Saya terbang pagi ini (dari Bandung) tujuannya untuk bertemu dengan Pak TGB dan bertemu warga NTB, tak lain untuk menyampaikan bantuan dari warga dan netizen dari seluruh dunia," ujar Ridwan saat menyalurkan bantuan, Kamis (16/8/2018).

Menurut pria yang akrab disapa Emil itu bantuan sebesar Rp 1,5 miliar berasal dari donasi warganet melalui kitabisa.com. Sementara sisanya donasi langsung dari para ASN Kota Bandung dan pihak swasta.

"Tadinya target 30 hari Rp 1 miliar. Ternyata baru empat hari sudah Rp 1,5 miliar (via kitabisa.com). Donasi tidak hanya dari netizen Indonesia tapi dunia Internasional," katanya.

Emil mengatakan fenomena warga yang menyumbang secara online terbilang unik. Selain bisa menyumbang, warga bisa mencantumkan nama beserta doa dan harapannya dalam satu kolom khusus.

"70 persennya itu hamba Allah, sekian persennya ada yang minta didoakan agar cintanya lancar. Ada satu anak 11 tahun ikut nyumbang Rp 10 ribu yang potong dari jatah gojek-nya. Itu contoh simpati datang tidak hanya orang dewasa saja," ucapnya.

Ia memastikan donasi yang dikumpulkan secara online atau tunai akan terus disalurkan secara bertahap melalui sejumlah instansi dan 400 relawan yang merupakan warga Kota Bandung.

Sementara itu TGB mewakili seluruh warga NTB terutama yang terkena dampak gempa menyampaikan rasa terima kasihnya atas bantuan dan perhatian berbagai pihak.

"Atas nama seluruh warga NTB khususnya Lombok Barat, Tengah Utara dan Kota Mataram saya ucapkan terima kasih atas bantuan ini. Kita masih bisa melihat jati diri kita masih ada persatuan dan persaudaraan," ujar TGB.
(tro/mud)
FOKUS BERITA: Gempa Lombok 6,9 SR
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed