DetikNews
Senin 06 Agustus 2018, 17:24 WIB

Ridwan Kamil Pamer Smart City Bandung di Hawaii dan Melbourne

Tri Ispranoto - detikNews
Ridwan Kamil Pamer Smart City Bandung di Hawaii dan Melbourne Foto: Mochamad Solehudin
Bandung - Wali Kota Bandung Ridwan Kamil pekan ini melawat dua negara yang berbeda. Pria yang akrab disapa Emil itu sudah bertolak dari Indonesia sejak Sabtu 4 Agustus lalu.

Kabag Kerja Sama Setda Kota Bandung Dodit Ardian mengatakan pertama Emil akan menuju ke Honolulu University, Hawaii, Amerika Serikat untuk menghadiri East West Center.

"Pak Wali (Emil) menjadi wakil pemimpin timur untuk memaparkan terkait implementasi dan pengembangan smart city di Kota Bandung," ujar Dodit dalam rilis yang diterima detikcom, Senin (6/8/2018).

Nantinya Emil akan berada di Hawaii selama dua hari untuk mengikuti forum tersebut. "Di akhir forum, Pak Wali diminta memberikan kesimpulan terkait potensi smart city di Asia Tenggara," katanya.

Setelah dari Hawaii, Emil akan menuju Melbourne, Australia memenuhi undangan dewan kota tersebut. Mereka mengundang Emil karena menilai Kota Bandung sebagai kota yang potensial dan telah dengan baik menerapkan smart city.

"Dalam forum tersebut, Pak Wali diminta menjelaskan bagaimana implementasi, kendala dan pengembangan smart city di Kota Bandung," ucapnya.

Khusus di Melbourne, Emil akan didampingi oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Ahyani Raksanagara dan Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Elly Wasliah. Keduanya mendampingi untuk belajar mengenai pertanian, pengelolaan SDM dan teknologi hingga manajemen aplikasi.

"Kerja sama dengan Melbourne sangat potensial untuk berlanjut," ujarnya.

Sementara itu Emil beberapa waktu lalu membenarkan dua agenda tersebut. Menurutnya ia akan memberi paparan mengenai smart city di Kota Bandung karena dianggap berprestasi di tingkat internasional.

"Kita kan rangking 6 dunia untuk smart city yang waktu di Barcelona," ucap Emil.

Emil mengatakan dengan agenda tersebut maka dipastikan ia tidak akan terlibat dalam Kirab Obor Asian Games 2018 yang akan melintasi Kota Bandung pada Sabtu 11 Agustus nanti. Sementara untuk agenda Beberes Bandung, Emil memastikan akan ikut karena sudah berada di Bandung pada Minggu 12 Agustus.


(tro/ern)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed