Perhatikan Ini Sebelum Membeli Hewan Kurban Agar Tak Tertipu

Tri Ispranoto - detikNews
Senin, 06 Agu 2018 15:07 WIB
Foto: Tri Ispranoto
Bandung - Dalam hitungan hari umat muslim akan melaksanakan ibadah kurban dengan menyembelih sapi atau domba. Sebelum membeli, warga diharap teliti dengan memperhatikan hal berikut.

Kadispangtan Kota Bandung Elly Wasliah mengatakan setiap hewan kurban yang sehat dan layak akan diberikan kalung khusus setelah lolos pemeriksaan dari Satgas Pemeriksa Hewan Kurban Kota Bandung.

"Yang sehat itu berarti tidak boleh berpenyakit seperti matanya jernih, suhu normal, kulit mulus tidak berpenyakit dan hidung juga mulut sehat," ujar Elly di kantornya, Senin (6/8/2018).

Sementara untuk kriteria layak, hewan kurban akan dilihat dari segi usia. Untuk sapi minimal telah berumur dua tahun dengan ditandai tanggal gigi depan dan domba minimal berusia satu tahun.

"Cek juga jangan sampai ada cacat misal kakinya pincang, tanduk juga harus dua sama testis juga dua," katanya.

Tidak kalah penting, kata Elly, warga harus mengantisipasi adanya oknum pedagang yang berbuat curang dengan memalsukan kalung tanda hewan kurban layak dan sehat.

Elly mengatakan warga harus teliti dengan melihat tahun yang tertera dalam kalung. Khusus tahun ini kalung bertanda 2018. "Jangan membeli hewan kurban yang kalungnya tahun 2017. Karena tidak sedikit yang menggunakan kalung sehat tahun kemarin. Jadi harus dilihat 2018," ujarnya.

Selain itu Elly mengimbau agar warga memastikan hewan yang dibelinya memakai kalung hingga tempat tujuan bahkan sebelum waktu penyembelihan berlangsung.

"Kami mengimbau kepada warga yang melihat ada pedagang hewannya belum diperiksa bisa langsung melapor. Kita mohon partisipasinya dengan menyampaikan via 081221610805," katanya.

Pihaknya berharap dengan langkah antisipasi seperti itu jumlah hewan kurban yang tidak sehat dan tidak layak pada tahun ini bisa berkurang. Sebab tahun lalu dari 5.313 sapi yang ada, 84 ekor di antaranya dinyatakan tidak sehat dan dari 20.948 ekor domba, sebanyak 1.794 ekor di antaranya juga dinyatakan tidak sehat.

"Tahun lalu sapi tidak layak itu kebanyakan tidak cukup umur, sakit mata dan ada yang betina. Begitu juga domba kasusnya sama yaitu ada yang betina hingga sakit mata dan cacar," ujar Elly. (tro/ern)