Sel Palsu Novanto dan Nazaruddin Masih Misteri

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Senin, 30 Jul 2018 14:06 WIB
Lapas Sukamiskin Bandung (Foto: Baban Gandapurnama/detikcom)
Bandung - Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkum HAM) Kanwil Jawa Barat belum bisa memastikan sel Setya Novanto dan Nazaruddin palsu atau tidak. Kedua koruptor tersebut kekeuh bahwa sel yang ditempatinya di Lapas Sukamiskin itu bukan palsu.

Dugaan sel palsu Novanto dan Nazaruddin terungkap saat Ditjen PAs Kemenkum HAM Jabar menggelar sidak di Lapas Sukamiskin pascapenangkapan eks Kalapas Sukamiskin Wahid Husen oleh KPK. Najwa Shihab yang turut ikut dalam sidak, menemukan kejanggalan saat mendatangi sel nomor 29 yang ditempati Novanto.


Najwa curiga lantaran barang-barang di kamar Novanto tak sesuai dengan pribadinya. Hal itu langsung ditanggapi Menkum HAM Yasonna Laoly. Bahkan dalam acara Mata Najwa, Yasonna menyebut sel Novanto dan Nazaruddin palsu.

"Kalau kemarin disampaikan, beliau sampaikan dia memang menempati sel itu. Kemarin yang disampaikan itu oleh yang bersangkutan seperti itu dan disampaikan ke publik juga kan," kata Kadiv Administrasi Kanwil Kemenkum HAM Jabar Dodot Adi Koeswanto usai memimpin serah terima jabatan pejabat struktural di Lapas Sukamiskin, Jalan AH Nasution, Kota Bandung, Senin (30/7/2018).

Pernyataan Dodot berbeda dengan pernyataan Yasonna yang menyebut sel Novanto dan Nazaruddin palsu. Mengenai perbedaan itu, Dodot enggan banyak berkomentar.

"Nanti dikonfirmasi lagi," katanya sambil berjalan menuju kendaraannya.


Sementara Kalapas Sukamiskin yang baru Tejo Harwanto juga belum bisa berkomentar banyak. Dia menyebut akan mengecek terlebih dahulu kebenarannya.

"Tadi sudah dijawab sama Plh (Dodot), nanti saya cek langsung," kata eks Kalapas Tanjung Gusta Medan ini.

Dia belum dapat membahas soal hukuman yang akan diberikan kepada Novanto dan Nazaruddin kalau sel yang digunakan palsu.

"Nanti sambung lagi yah, nanti aja. Ini mau dirapatkan," kata Tejo sambil buru-buru masuk ke dalam Lapas Sukamiskin. (dir/bbn)