Begini Suasana Imah Noong Lembang saat Gerhana Bulan Total

Rachmadi Rasyad - detikNews
Sabtu, 28 Jul 2018 10:38 WIB
Warga antusias melihat gerhana bulan dari teropong (Foto: Rachmadi Rasyad)
Bandung Barat - Gerhana bulan total yang berlangsung selama 103 menit disambut antusias masyarakat. Mereka berbondong-bondong menyaksikan fenomena alam di Kampung Eduwisata Imah Noong, Kampung Wangunsari, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

Dari pantauan detikcom, secara bergantian pengunjung mengamati proses gerhana dari kontak pertama hingga total. Ada yang mengamati dengan kontak mata, adapula yang mengabadikannya menggunakan handphone. Sepanjang proses itu pula gema takbir terdengar berulang-ulang didengungkan oleh pengunjung.

"Ya, masyarakat di sini bisa menyaksikan secara bergantian bahkan sempat mengabadikan melalui handphonenya masing-masing," ucap Hendro Setyanto, Peneliti Astronomi Imah Noong, saat ditemui di lokasi pada Sabtu (28/7/2018) dini hari.

Warga secara bergantian menyaksikan gerhana bulan (Foto: Rachmadi Rasyad)
Adapun alat yang disediakan oleh Imah Noong yang pada mulanya berjumlah 4 bertambah 1 menjelang dini hari yang diletakkan di tebing tempat didirikannya tenda dan di halaman depan.

Hendro mengungkapkan cuaca yang cerah dini hari ini membuat masyarakat bisa menyaksikan terjadinya proses gerhana dengan jelas. Bahkan tanpa menggunakan teropong sekalipun.

"Alhamdulillah, cuaca sangat mendukung sehingga kita bisa menyaksikan terjadinya fenomena gerhana dari kontak pertama hingga total," kata dia.

Bagi Hendro, selain gerhana, kemunculan sejumlah bintang-bintang yang bersinar terang mengelilingi Gerhana Bulan Total membuat keindahan di langit bertambah.

"Sangat indah sekali kita bisa menyaksikan bintang-bintang di sekeliling gerhana bulan total tersebut," ujar Hendro. (mud/mud)