Kala Bau Busuk Limbah Ayam di Sungai Bikin Geram Warga Garut

Hakim Ghani - detikNews
Senin, 23 Jul 2018 15:43 WIB
Tumpakan karung berisi limbah di Sungai Cimanuk Garut. (Foto: Hakim Ghani/detikcom)
Garut - Tercium bau busuk menyengat saat melintas di kawasan Jembatan Andir, Kecamatan Bayongbong, Kabupaten Garut. Bau tak sedap itu berasal dari tumpukan karung di Sungai Cimanuk. Warga setempat geram.

Tumpukan karung itu diduga sengaja dibuang oleh warga ke Sungai Cimanuk yang lokasinya berada persis di bawah jembatan. Karung yang mengeluarkan bau busuk itu ternyata berisi limbah bulu ayam dan limbah sisa konveksi.

"Sampah bulu ayam kebanyakannya," ujar Kasi Trantibum Kecamatan Bayongbong Dedi Sunarya di lokasi, Senin (23/7/2018).

Menurut dia, tumpukan limbah bulu ayam dalam karung tersebut sengaja dibuang oleh para pedagang yang kerap berjualan di sekitar Pasar Andir yang lokasinya tak jauh dari sungai.

"Sering lihat kan banyak yang dagang kalau subuh, sampah bulu ayam dibuangnya ke sungai. Jadi tercemar," kata Dedi.

Karung berisi limbah bulu ayam di Sungai Cimanuk GarutKarung berisi limbah bulu ayam di Sungai Cimanuk Garut. (Foto: Hakim Ghani/detikcom)
Tumpukan limbah bulu ayam dalam karung itu dikeluhkan warga yang bermukim di sekitar Jembatan Andir. Warga yang melintas pun dibuat kesal karenanya. Sebab, selain limbah bulu ayam, di bantaran sungai juga banyak ditemukan sampah-sampah lainnya.

Dedi mengaku pihaknya telah mengingatkan warga untuk tidak membuang sampah dan limbah ke sungai. "Sejauh ini hanya memanggil pak RT nya aja agar mengingatkan warganya tidak membuang sampah sembarangan." tutur Dedi.

Limbah bulu ayam dalam karung itu hingga kini masih menumpuk di sungai. Warga meminta agar pemerintah menindak tegas oknum pedagang yang sengaja membuang sampah ke sungai.

"Gini ya, sekarang yang rugi kan bukan mereka yang buang sampah, tapi kita selaku warga sini. Selain bau, itu juga kan bisa menimbulkan penyakit," ungkap Roni Kurniawan (21), salah seorang warga Andir, kepada detikcom di tempat yang sama.



Tonton juga 'Resahkan Warga, TPS Liar di Rancaekek Bandung Ditutup!':

[Gambas:Video 20detik]

(bbn/bbn)