DetikNews
Senin 23 Juli 2018, 14:56 WIB

5 Daerah Jabar Targetkan Raih Kinerja Terbaik di Indonesia

Mochamad Solehudin - detikNews
5 Daerah Jabar Targetkan Raih Kinerja Terbaik di Indonesia Sekda Jabar Iwa Karniwa (Foto: Mochamad Solehudin/detikcom)
Bandung - Pemprov Jabar menargetkan lima daerah dapat masuk peringkat 10 besar Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (EKPPD) 2018. Sebab saat ini baru dua daerah saja yang berhasil masuk 10 besar.

Sekda Jabar Iwa Karniwa menuturkan dari hasil pemeringkatan EKPPD 2017 terhadap LPPD 27 kota/kabupaten di Jawa Barat tahun 2016, ditetapkan dalam Keputusan Mendagri Nomor 100-53 2018 tentang penetapan peringkat dan status kinerja penyelenggaraan pemerintah daerah secara nasional, sebanyak 26 daerah meraih status sangat tinggi.

"Berdasarkan Keputusan Mendagri dimaksud telah ditetapkan kabupaten dan kota di Jabar yang masuk peringkat sepuluh besar tingkat nasional yaitu Kota Bandung dan Kabupaten Kuningan," kata Iwa di Gedung Sate, Kota Bandung, Senin (23/7/2018).

Sementara untuk Pemprov Jabar, lanjut Iwa, sudah mendapat penilaian dan status sangat tinggi dan berada pada peringkat dua tingkat nasional. Pemprov Jabar juga berhasil mempertahankan prestasi tertinggi selama tiga tahun berturut-turut.

"Pada tahun (2018) lalu Jabar juga mendapatkan tanda kehormatan Parasamya Purnakarya Nugraha (dari pemerintah pusat)," ujarnya.

Pada tahun ini, pihaknya berharap ada lima daerah di Jabar yang menembus peringkat 10 besar tingkat nasional. Sementara Pemprov Jabar bisa mempertahankan posisi dua besar tingkat nasional.

"Kecuali Kabupaten Pangandaran yang tidak dinilai karena masih dianggap sebagai daerah otonomi baru," katanya.

Khusus untuk Kota Bandung dan Kabupaten Kuningan yang telah meraih peringkat 10 besar selama dua tahun berturut-turut, Iwa berharap bisa mempertahankan peringkat tersebut.

"Sehingga bisa diusulkan untuk menerima penghargaan Tanda Kehormatan Parasamya Punakarya Nugaraha," ujar Iwa.

Dia menambahkan target peringkat status EKPPD 2018 ini cukup berat. Namun Iwa tetap berharap bisa menjadi motivasi bagi semua jajaran pemerintah daerah di Jabar untuk terus meningkatkan kinerja pemerintahan yang baik.

"Sekaligus menghadirkan kemajuan daerah dan kesejahteraan masyarakat Jabar," kata Iwa.
(mso/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed