DetikNews
Sabtu 21 Juli 2018, 10:54 WIB

Pelajar Keroyokan Pungut Sampah di Pantai Pangandaran

Dadang Hermansyah - detikNews
Pelajar Keroyokan Pungut Sampah di Pantai Pangandaran Berbekal kantong sampah dan sapu lidi, para pelajar menyusuri Pantai Pangandaran sejauh 600 meter. (Foto: Dadang Hermansyah/detikcom)
Pangandaran - Para pelajar dari berbagai tingkatan di Pangandaran bersama Polisi Ciamis mengikuti aksi bersih-bersih pungut sampah di sepanjang Pantai Pangandaran, Jawa Barat, Sabtu (21/7/2018). Hasilnya ratusan kantong berisi sampah berhasil terkumpul dari lokasi wisata yang selalu jadi primadona saat musim liburan.

Aksi keroyokan membersihkan sampah ini merupakan rangkaian acara memperingati HUT Ke-72 Bayangkara. Selain pelajar, kegiatan ini diikuti TNI, Ormas, masyarakat dan Pemkab Pangandaran.

Berbekal kantong sampah dan sapu lidi, para pelajar menyusuri Pantai Pangandaran sejauh 600 meter. Mereka semangat memungut satu per satu sampah sampah organik dan anorganik yang berserakan di pasir pantai.

Finis di perbatasan Cagar Alam Pangandaran, ratusan kantong sampah dikumpulkan lalu dibawa oleh petugas kebersihan Pemkab Pangandaran menggunakan truk sampah untuk dibuang ke tempat pembuangan akhir.

"Sangat senang ikut aksi bersih-bersih ini, jarang-jarang. Bagus supaya pantai bersih," kata Geraldo siswa kelas VI SD Negeri 3 Pangandaran saat ditemui sedang memungut sampah.

Pelajar Keroyokan Pungut Sampah di Pantai Pangandaran Sejumlah pelajar turun tangan membersihkan sampah di Pantai Pangandaran. (Foto: Dadang Hermansyah/detikcom)
Nita, pelajar lainnya, mengaku senang karena bisa membersihkan pantai. "Senang, bersama teman-teman membersihkan pantai. Lumayan capek tapi tidak apa-apa supaya bersih," ucap Nita.

Kapolres Ciamis AKBP Bismo Teguh Prakoso mengatakan aksi bersih-bersih ini untuk membangun kesadaran bersama peduli kebersihan, tidak membuang sampah sembarangan. Terlebih sampah plastik yang tidak bisa terurai. Tempat wisata Pangandaran harus bersih supaya indah dan wisatawan betah.

"Mari budayakan peduli sampah, jangan dibuang sembarangan. Terutama untuk para pelajar SD, SMP dan SMA budayakan peduli sampah sejak dini," tuturnya.

Menurut Bismo, aksi ini menunjukkan kepada para wisatawan bahwa warga Pangandaran peduli kebersihan. Sehingga diharapkan wisatawan tidak seenaknya membuang sampah sembarangan.

"Pantai Pangandaran bersih tentunya manfaat akan dirasakan oleh semua. Tentunya aksi bersih-bersih ini tidak hanya kali ini saja, harus terus menerus dibudayakan," ujar Bismo.

Pelajar Keroyokan Pungut Sampah di Pantai Pangandaran Kantong sampah dikumpulkan lalu dibawa oleh petugas kebersihan Pemkab Pangandaran menggunakan truk. (Foto: Dadang Hermansyah/detikcom)

(bbn/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed