DetikNews
Jumat 20 Juli 2018, 17:38 WIB

Jejak Gunting Baja Antarkan Kembali Residivis Curanmor ke Penjara

Syahdan Alamsyah - detikNews
Jejak Gunting Baja Antarkan Kembali Residivis Curanmor ke Penjara Foto: Syahdan Alamsyah
Sukabumi - Tak kapok, Hilman alias Jawa (40), residivis kasus pencurian kendaraan bermotor ini nekat melakukan aksinya kembali setelah bebas dari penjara akhir 2017 lalu.

Polisi berhasil menangkap kembali Hilman, jejak gunting baja pada gembok di beberapa TKP pencurian memudahkan polisi mengungkap dalang di balik beberapa aksi curanmor yang terjadi di wilayah hukum Polres Sukabumi Kota itu.

Sebuah gunting baja, alat Gurinda dan dua unit motor hasil curian ditemukan polisi di kediaman pelaku. Kaki kirinya ditembak polisi.

Tonton juga video: 'Polisi Ringkus Pelaku Perampokan Indomaret di Matraman!'

[Gambas:Video 20detik]


"Hilmas alias Jawa kita tangkap di persembunyiannya di wilayah Kabupaten Sukabumi. Saat akan ditangkap pelaku berusaha melarikan diri dan melawan petugas, tindakan tegas dan terukur terpaksa dilakukan untuk melumpuhkan pelaku," kata Kapolres Sukabumi Kota, AKBP Susatyo Purnomo kepada detikcom, Jumat (20/7/2018).

Selain Jawa, polisi juga mengamankan Egi alias Tibob yang berperan mengawasi keadaan sekitar saat aksi kriminal itu dilakukan.

"Terakhir mereka beraksi Perum Griya Sukalarang, mereka berjalan kaki saat melakukan aksinya. Pelaku Tibob mengawasi keadaan dan Jawa berperan sebagai eksekutor, gunting baja dipakai sebagai alat untuk memotong gembok pagar atau yang terpasang di motor korban," terang Susatyo.

Bekas gembok yang patah ditinggalkan pelaku, barang bukti tersebut memudahkan polisi mengungkap pelaku. Tidak perlu waktu lama, polisi bergerak dan menangkap pelaku.

"Hasil analisa saat dilakukan olah TKP mengarah kepada kebiasaan pelaku ketika beraksi. Saat ditangkap dia dan temannya mengaku baru beraksi dua kali. Tapi kita tidak percaya begitu saja, masih kita kembangkan dan gelar penyelidikan," tegas Susatyo.

Pelaku Jawa mengaku memang kerap membawa gunting baja ketika beraksi malam hari, alat itu disebutnya memudahkan aksinya ketika melakukan pencurian. Selain gunting baja, pelaku juga memproduksi kunci T yang dipakai untuk membongkar kunci motor korban.

"Kunci Leter T saya buat sendiri pakai gurinda, besi biasa saya buat tajam ujungnya dengan alat itu untuk membongkar kunci motor. Kalau gunting baja saya bawa untuk motong gembok atau rantai," singkatnya.

Selain Jawa dan Tibob, polisi juga melibas 7 pelaku curanmor lainnya. Dari para pelaku polisi mengamankan sebanyak 10 unit kendaraan roda dua dan 1 lembar STNK.


Jejak Gunting Baja Antarkan Kembali Residivis Curanmor ke Penjara

(sya/ern)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed