ADVERTISEMENT

Pemkab Garut Minta Cetak Sawah Baru ke Pemerintah Pusat

Hakim Ghani - detikNews
Jumat, 20 Jul 2018 14:17 WIB
Ilustrasi sawah (Foto: Pradita Utama)
Garut - Pemerintah Kabupaten Garut mengusulkan lagi program cetak sawah baru pada 2019 kepada pemerintah pusat. Cetak sawah baru diharapkan meningkatkan kontribusi Garut untuk kebutuhan pangan nasional.

"Rencana tahun depan kita akan mengusulkan ke pemerintah pusat untuk cetak sawah baru lagi," ujar Plt Kepala Dinas Pertanian Grut Beni Yoga kepada wartawan di lapangan Setda Pemkab Garut, Jalan Pembangunan, Tarogong Kidul, Jumat (20/07/2018).

Kabupaten Garut, kata Beni, memiliki banyak potensi lahan yang layak untuk dijadikan area persawahan. Di antaranya adalah kawasan Garut selatan yang saat ini masih dipenuhi hutan.

Dengan cetak sawah baru, sambung Beni, Pemkab Garut berharap dapat memperbanyak lagi kontribusi padi bagi kebutuhan pangan nasional.

"Masih banyak daerah di Garut yang bisa dilakukan cetak sawah baru," ungkap dia

Garut pernah melakukan cetak sawah baru pada tahun 2017 lalu. Garut mendapat program cetak sawah baru dari pemerintah pusat seluas 24 hektar lahan yang tersebar di Kecamatan Cibalong dan Pakenjeng.

"Program 2017 di Pakenjeng dan Cibalong hasilnya bagus. Sudah dua kali tanam," tutur dia

Tahun 2018, Pemkab Garut tidak mendapatkan program cetak sawah baru lagi karena adanya pertimbangan pemerintah pusat untuk memprioritaskan daerah lain di Jabar. (mud/mud)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT