DetikNews
Kamis 19 Juli 2018, 23:33 WIB

Keramba Jaring Apung Terus Bertambah, PLTA Cirata Rugi Rp 212 M

Rachmadi Rasyad - detikNews
Keramba Jaring Apung Terus Bertambah, PLTA Cirata Rugi Rp 212 M Foto: Rachmadi Rasyad
Purwakarta - Puluhan ribu keramba jaring apung (KJA) mengapung di Waduk Cirata. Jumlahnya terus meningkat. Keberadaan KJA membuat kualitas air menurun dan juga merusak pembangkit tenaga listik. Badan Pengelola Waduk Cirata (BPWC), anak perusahaan PLN, mengalami kerugian hingga Rp 212 miliar dalam beberapa tahun ke belakang.

Hal itu dikatakan Kepala Badan Pengelola Waduk Cirata (BPWC) Wawan Darmawan saat penertiban 56 KJA, Kamis (19/7/2018). Targetnya hingga Desember nanti total yang ditertibkan 474 KJA.

Menurut Wawan saat ini feed conversion ratio (FCR) di Waduk Cirata mengalami peningkatan dibanding tahun-tahun sebelumnya. Sedangkan, semakin tinggi FCR, maka semakin buruk pula bagi kehidupan ikan.

"Rasio antara pakan dan ikan itu harus dipertimbangkan dalam bisnis ikan. Pada saat itu FCR masih bagus mungkin sekitar 1,2 masih layak lah. Tapi makin ke sini makin tinggi sehingga tidak layak untuk ikannya sendiri," kata Wawan.

Selain berdampak pada kehidupan ikan, sisa-sisa pakan tidak termakan yang menghasilkan amoniak dan sulfur mengganggu aliran listrik karena menyebabkan terjadinya korosi.

"Pakan yang tidak termakan itu akan bereaksi kimia dan menghasilkan amoniak dan kemudian bereaksi dengan sulfur jadi H2S juga. Jadi amoniak dan sulfur itu mengganggu. Dan tentunya itu akan menjadikan peraliran kami jadi korosi," terang Wawan.

Akibat korosi, BPWC sebagai anak perusahaan PT PLN yang bergerak di bidang pembangkit tenaga listrik mengalami kerugian. "Jadi korosi lebih cepat merugikan kami. Kalau ditotal hitungan kami sekitar Rp 212 miliar," tandasnya.

Berdasarkan data yang diperoleh dari Satgas Citarum Harum Sektor 12, pada bulan Mei hingga Juni 2018 terdapat sekitar 98.397 KJA di Waduk Cirata. Jumlah itu mengalami peningkatan dibandingkan Desember tahun 2016 dengan total 77.169.


(ern/ern)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed