DetikNews
Kamis 19 Juli 2018, 14:34 WIB

Ribuan Preman di Jabar Ditangkap Jelang Asian Games

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Ribuan Preman di Jabar Ditangkap Jelang Asian Games Razia preman juga dilakukan di beberapa wilayah di Jabar salah satunya Cirebon (Foto: Sudirman Wamad)
Bandung - Jelang perhelatan Asian Games 2018, sebanyak 4.889 preman di Jawa Barat diamankan polisi. Mereka terjaring operasi dalam 10 hari terakhir.

"Dalam sepuluh hari, kita sudah mengamankan 4.889 orang di Jawa Barat," ujar Kapolda Jabar Irjen Agung Budi Maryoto di Mapolda Jabar, Jalan Soekarno Hatta, Kota Bandung, Kamis (19/7/2018).

Penangkapan para preman tersebut dilakukan dalam rangka operasi bersandi 'Libas Lodaya'. Mereka diamankan untuk mengantisipasi gangguan ketertiban dan tindakan kejahatan saat berlangsungnya Asian Games.

Dari jumlah tersebut, kata Agung, sebanyak 225 orang ditingkatkan statusnya menjadi tersangka kasus kejahatan. Mereka ditetapkan usai polisi menemukan alat bukti yang kuat.

"225 orang ditahan. Lainnya kita bina supaya tidak melakukan hal yang berpotensi gangguan kriminal," tutur dia.

Pengamanan Maksimal

Selama berlangsungnya Asian Games, pihaknya berkomitmen memberantas segala bentuk gangguan kamtibmas (keamanan dan ketertiban masyarakat). Pihaknya siap mengamankan secara maksimal dengan menerjunkan 8.000 personel.

"Kita hampir ada 8.000 yang dikerahkan. Belum lagi ada bantuan dari TNI dari Kodam Siliwangi sebanyak 1.950 prajurit," katanya.

Di Jabar sendiri, kata dia, akan ada lima venue cabang olah raga yang dipertandingkan. Para personel nantinya akan ditempatkan di lokasi-lokasi yang sudah ditetapkan.

"Kita juga memberikan pengawalan khusus baik kepada atlet, official dan lainnya. Dari mulai hotel tempat menginap, sampai ke venue," ujar Agung.
(dir/mud)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed