Partai Garuda Hanya Daftarkan 3 Caleg di Kabupaten Cirebon

Sudirman Wamad - detikNews
Kamis, 19 Jul 2018 11:43 WIB
Foto: Sudirman Wamad
Cirebon - Proses pendaftaran bakal calon legislatif (bacaleg) sudah ditutup. Saat ini, KPU tengah memverifikasi berkas yang diajukan partai politik terkait nama-nama bacaleg yang diajukan.

Di Cirebon, 16 partai politik peserta pemilu tak ada yang absen dalam pemilihan legislatif (pileg) mendatang, semua partai peserta pemilu ikut meramaikan pileg. Dari 16 partai politik yang mendaftarkan bacalegnya itu, hanya Partai Garuda yang paling sedikit mendaftarkan bacalegnya.

Ketua KPU Kabupaten Cirebon Saefuddin Jazuli menyebutkan Partai Garuda hanya mendaftarkan tiga nama untuk bacaleg. "Hampir seluruh partai lama mendaftarkan bacaleg sesuai kuota maksimal, yakni 50 orang. Ada juga yang mendekati kuota maksimal. Kalau yang paling sedikit itu Partai Garuda," kata Saefuddin saat ditemui detikcom di kantor KPU Kabupaten Cirebon, Jalan Raden Dewi Sartika Cirebon, Jawa Barat, Kamis (19/7/2018).

Saefuddin menjelaskan tiga nama bacaleg yang disetorkan Partai Garuda tersebar di dua daerah pemilihan (dapil), yakni dapil dua dan empat. Saefuddin juga mengatakan Partai Garuda telah memenuhi PKPU 20/2018 tentang keterwakilan perempuan dalam pencalonan DPRD.

"Dari tiga nama itu satu di antaranya perempuan, harus ada perempuannya sesuai PKPU. Kalau dua bacaleg, ya perempuan satu terus laki-lakinya satu," ucap Saefuddin.

Saat ditanya lebih rinci terkait total bacaleg yang disetorkan ke KPU, Saefuddin mengaku belum mengetahui secara rinci. Pihaknya saat ini tengah sibuk memverifikasi berkas bacaleg yang disetorkan partai.

"Setiap partai politik pasti ada catatan, datanya sedang kita himpun. Kalau ada yang kurang, kita akan langsung ke partai politiknya, bukan ke bacalegnya," katanya. (ern/ern)