Ridwan Kamil Janji Hadiahi Alun-alun dan Bandros untuk Sumedang

Tri Ispranoto - detikNews
Rabu, 18 Jul 2018 14:16 WIB
Gubernur Jabar Ridwan Kamil (tengah) bersama Bupati dan Wabub Sumedang Doni Ahmad Erwan Setiawan (Foto: Tri Ispranoto)
Bandung - Gubernur Jabar terpilih Ridwan Kamil berjanji menghadiahi Kabupaten Sumedang sebuah alun-alun dan bus pariwisata seperti Bandung Tour On Bus (Bandros) di Kota Bandung. Ia akan menepati janjinya setelah dilantik.

Emil sapaan Ridwan Kamil mengaku sosok Bupati Sumedang Doni Ahmad Munir dekat dengan sejarah keluarganya. Bahkan rumah Doni bertetangga dengan neneknya di Sumedang. Sementara wakilnya Erwan Setiawan yang juga mantan anggota DPRD Kota Bandung sangat dikenal Emil.

"Kita sudah membicarakan dukungan dari provinsi ke Sumedang nanti. Saya mah hanya menitipkan kampung nenek saya, tolong diurus dengan baik," kata Emil usai menggelar pertemuan dengan Bupati dan Wabup terpilih Sumedang Doni Ahmad Munir - Erwan Setiawan di Pendopo Wali Kota Bandung, Rabu (18/7/2018)

Setelah dilantik sebagai Gubernur Jabar, ia berjanji akan memberikan hadiah bagi Sumedang berupa pembangunan alun-alun dan mencarikan hibah bus pariwisata seperti Bandung Tour On Bus (Bandros) di Kota Bandung.

Emil mengatakan pembangunan alun-alun akan disesuaikan dengan sejarah Kabupaten Sumedang. Namun, sambung dia, tetap memiliki ciri khas seperti di Kota Bandung yakni tempat pasif-aktif dan kolam cetek atau kolam dangkal.

"Kita juga ada hibah Bandros, tapi saya titip cari nama untuk Sumedang. Ada usulan Tahu dan Tarang (Transportasi Turis Sumedang)," ungkap dia

Termasuk, kata Emil, ia akan menyambungkan Sumedang dengan Bandung Raya (Kota/Kabupaten Bandung, Kota Cimahi dan Kabupaten Bandung Barat) melalui moda transportasi LRT (Light Rail Transit).

Sementara itu, Doni mengatakan kedatangannya untuk menyelaraskan beberapa visi misinya di Sumedang dengan Emil di Jabar. Ia berharap dengan langkah cepat itu bisa terjalin kerja sama yang baik.

Menurut Doni dalam pertemuan itu, Emil berjanji akan memberikan hadiah istimewa untuk kemajuan Sumedang. Terlebih, kata Doni, banyak visi dan misi yang sesuai antara dirinya dan Emil.

"Jadi tinggal mensinkronkan, apalagi sudah ada chemistry dari awal antara saya, Pak Erwan dan Pak Gubernur (Emil). Mudah-mudahan bisa mempercepat proses pembangunan Sumedang dengan bantuan perhatian dan kerja sama dari Jabar," ujar Doni (tro/mud)