DetikNews
Rabu 18 Juli 2018, 00:36 WIB

Tiga Rumah di Cangkuang Terbakar, Pemilik Histeris

Wisma Putra - detikNews
Tiga Rumah di Cangkuang Terbakar, Pemilik Histeris Foto: Wisma Putra
Kabupaten Bandung - Tiga unit rumah semi permanen dilalap si jago merah di Kecamatan Cangkuang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Dua rumah rata dengan tanah dan satu rumah terbakar sebagian.

Dari informasi yang dihimpun, insiden kebakaran itu terjadi, Selasa (17/7/2018) sekitar Pukul 19.30 WIB tepatnya di Kampung Cikuya 02/03, Desa Bandasari, Kecamatan Cangkuang, Kabupaten Bandung.

Insiden kebakaran ini sudah ditangani oleh Dinas Kebakaran (Diskar) Kabupaten Bandung Unit Soreang. Api berhasil dipadamkan sekitar Pukul 20.30 WIB.

Ketua RT 01 Amat (70) mengatakan kebakaran tersebut terjadi sekitar selepas Shalat Isya. Ketiga rumah semi permanen itu milik warga bernama Dewi (30), Yayu (45) dan Iyung (48).

"Kejadiannya habis isya, tiba-tiba api muncul dari arah dapur bapak Yayu. Api langsung besar terus merembet ke rumah lainnya," katanya di TKP.

Menurutnya, pemilik rumah atau istri Yayu langsung keluar rumah sambil berteriak meminta tolong. Warga yang mengetahui peristiwa tersebut langsung berusaha memadamkan api dengan alat seadanya dan langsung menyelamatkan barang-barang yang masih bisa terselamatkan.

"Warga langsung memadamkan api seadanya menggunakan air," katanya.

Tidak lama pemadam tiba dan berusaha memadamkan api yang masih menyala. Beruntung dalam Insiden kebakaran itu tidak ada korban jiwa. "Tidak ada korban jiwa," ujarnya.

Akibat insiden ini, sejumlah barang milik warga hangus terbakar, satu unit sepeda motor dan mesin jahit pun ikut terbakar. Salah satu pemilik rumah nampak shock dan pingsan dan langsung ditangani PMI Kabupaten Bandung dengan diberikan oksigen, bahkan ada juga yang berteriak dan menangis histeris.

Tiga Rumah di Cangkuang Terbakar, Pemilik HisterisFoto: Wisma Putra


Diskar menerjunkan dua unit mobil pancar dan satu unit mobil rescue ke lokasi kebakaran. Dalam penanganan insiden kebakaran ini, pemadam kesulitan mengakses titik api, karena kebakaran berada di pemukiman padat penduduk sehingga harus masuk ke dalam gang-gang kecil.

"Cukup sulit karena terkendala akses jalan dari mako ke sini jauh, ditambah TKP jauh ke gang-gang kecil sehingga kami harus gelar selang," ujar Danru Diskar Unit Soreang Sutarna.

Diskar mendapat laporan sekitar Pukul 19.30 dan langsung terjun ke lokasi. Selain berusaha memadamkan api di TKP, pihaknya juga langsung membackup daerah sekitar lokasi agar api tidak merembet ke rumah warga lainnya.

"Setelah itu kami langsung melakukan pemadaman kurang lebih sekitar setengah jam api berhasil dipadamkan dan langsung dilakukan pendinginan," katanya. Penyebab kebakaran belum diketahui.

Tiga Rumah di Cangkuang Terbakar, Pemilik HisterisFoto: Wisma Putra

(ern/ern)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed