DetikNews
Senin 16 Juli 2018, 11:15 WIB

Hari Pertama Sekolah, Disdik Ciamis Jamin Tidak Ada Ploncoan

Dadang Hermansyah - detikNews
Hari Pertama Sekolah, Disdik Ciamis Jamin Tidak Ada Ploncoan Suasana apel di ari pertama sekolah di Ciamis (Foto: Dadang Hermansyah)
Ciamis - Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Ciamis menjamin tidak ada perploncoan terhadap siswa baru saat Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS). Seluruh sekolah sudah diingatkan jauh-jauh hari mengenai larangan perploncoan tersebut.

Hari pertama masuk sekolah tahun ajaran baru ini, Disdik Kabupaten Ciamis sudah memonitor sejumlah sekolah menegah pertama (SMP). Ia memastikan proses MPLS berjalan sesuai aturan.

"Sudah kami pantau ke beberapa sekolah, secara umum kami pastikan tidak ada perploncoan atau kekerasan, tidak ada atribut yang aneh-aneh. Semua berjalan lancar," ujar Kepala Disdik Kabupaten Ciamis Wawan S Arifien di SMPN 1 Cikoneng, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat Senin (16/7/2018).

Tonton juga 'Anies Imbau Orang Tua Antarkan Anak ke Sekolah':

[Gambas:Video 20detik]

Ia mengaku jauh-jauh hari sudah mengingatkan kepada seluruh sekolah untuk tidak melakukan perploncoan, terutama oleh senior tingkat kelas.

"Jadi MPLS ini harus betul-betul dimanfaatkan untuk mengenalkan lingkungan sekolah, fasilitas sekolah, supaya siswa baru betah. Kepada kakak kelasnya, beri contoh yang baik juga bimbing adik-adiknya," jelasnya.

Dia juga mengingatkan kepada sekolah untuk lebih intens dalam menyosialisasikan tata tertib "Jangan sampai ada siswa yang tidak tahu tata tertib. Karena dari SD ke SMP itu sudah berbeda, agar siswa bisa menyesuaikan," katanya.

Selain itu, Disdik memastikan setiap sekolah tidak ada larangan terhadap siswa untuk membawa smartphone ke sekolah. Namun, sambung dia, smartphone harus bisa dimanfaatkan para siswa dengan bijak.

"Di Ciamis tidak ada larangan membawa smartphone ke sekolah, tapi yang paling penting guru harus bisa mengarahkan penggunaannya. Bagaimana mencari ilmu, edukasinya. Sehingga para siswa paham dalam penggunaan smartphone itu," tutur Wawan

Hari Pertama Sekolah, Disdik Ciamis Jamin Tidak Ada Ploncoan

(mud/mud)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed