DetikNews
Kamis 12 Juli 2018, 15:30 WIB

Ribuan Rumah Tidak Layak Huni di Garut Diperbaiki Tahun Ini

Hakim Ghani - detikNews
Ribuan Rumah Tidak Layak Huni di Garut Diperbaiki Tahun Ini Foto: Hakim Ghani
Bandung - Ribuan rumah tidak layak huni di Kabupaten Garut, Jabar, segera direnovasi. Rumah milik masyarakat kurang mampu tersebut ditargetkan beres pengerjaannya akhir tahun ini.

"Ada 1.968 unit rumah yang tersebar di Garut yang sudah direncanakan mendapat bantuan perbaikan tahun 2018 ini," ujar Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman Aah Anwar kepada wartawan di kantornya, Jalan Raya Samarang, Tarogong Kaler, Kamis (12/07/18).

Aah mengatakan bantuan renovasi bagi rumah tak layak huni itu bersumber dari alokasi dana Pemerintah Kabupaten Garut, Pemprov Jabar dan pemerintah pusat tahun 2018.

"Sumber dananya dari sejumlah pos anggaran, (Pemkab) Garut hingga pusat," katanya

Berdasarkan data yang dihimpun, pada tahun 2014 lalu ada 58 ribu rumah tak layak huni yang tersebar di 42 kecamatan yang ada di Garut. Sejak 2014, sambung Aah, pemerintah menargetkan mampu memperbaiki 10 ribu rumah tak layak huni hingga tahun 2019.

Sementara proses renovasi rumah tidak layak huni tahun ini diprediksi akan rampung seluruhnya pada bulan November 2018 mendatang.

"Kita berusaha mewujudkan target RPJMD tersebut. Di tahun 2019, kita akan berusaha melakukan perbaikan untuk mengejar target yang sudah direncanakan," pungkasnya.
(ern/ern)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed