DetikNews
Rabu 11 Juli 2018, 12:16 WIB

Kadisdik Jabar Klaim PPDB Tingkat SMA Tahun Ini Lancar

Mochamad Solehudin - detikNews
Kadisdik Jabar Klaim PPDB Tingkat SMA Tahun Ini Lancar Kadisdik Jabar Ahmad Hadadi (Foto: Mochamad Solehudin)
Bandung - Kepala Dinas Pendidikan Jabar Ahmad Hadadi mengklaim pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2018 tingkat SMA lebih baik bandingkan dengan tahun sebelumnya. Namun, pihaknya akan tetap melakukan perbaikan.

"Persoalan pasti ada, hanya tingkatannya dibanding tahun kemarin (2017) dinamikanya (tahun ini) biasa," kata Hadadi, saat ditemui di SMA PGII, Jalan Pranata Yuda, Kota Bandung, Rabu (11/7/2018).

Dia mengaku sampai saat ini belum menerima adanya indikasi jual beli 'bangku sekolah' yang kerap mewarnai proses PPDB setiap tahunnya. Tapi yang jelas pihaknya memberikan arahan agar dalam PPDB tidak ada transaksi keuangan antara orang tua dan pihak sekolah.

"Kami sudah berikan arahan, agar tidak ada transaksi keuangan. (Untuk jual beli bangku sekolah) sementara ini juga belum ada laporan," ungkap dia

Selain itu, pihaknya juga secara serius mengawasi agar pelaksanaan PPDB tahun ini bisa berjalan sesuai aturan yang ada. "Saya sekarang sudah meminta jajaran termasuk pejabat pengawas agar ikut memantau (pelaksanaan PPDB sampai akhir)," tutur Hadadi

Sekedar informasi, pelaksanaan PPDB tahun 2018 tingkat SMA di Jawa Barat terbagi dalam dua jalur. Pertama jalur Nilai Hasil Ujian Nasional (NHUN) dan NHUN. Untuk jalur NHUN pelaksanaannya sudah selesai dan telah memasuki tahapan daftar ulang yang dimulai sejak 2-4 Juli.

Sementara untuk jalur NHUN pelaksanaannya baru akan dimulai dari tanggal 5-10 Juli 2018. Pada 12 Juli akan dilakukan pengumuman hasil seleksi PPDB 2018 dan pada 13-14 Juli merupakan tahapan daftar ulang.



(mso/mud)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed