Ridwan Kamil Klaim Utang Politik Jadi Wali Kota Tinggal Transportasi

Tri Ispranoto - detikNews
Selasa, 10 Jul 2018 17:24 WIB
Foto: Rifkianto Nugroho
Bandung - Kurang dari tiga bulan lagi Ridwan Kamil akan meninggalkan posisinya sebagai Wali Kota Bandung periode 2013-2018. Kini ia melangkah menjadi Gubernur Jabar periode 2018-2023, setelah menang rekapitulasi KPU Jabar.

Pria yang akrab disapa Emil itu berjanji akan memaksimalkan waktu yang singkat untuk fokus terhadap segala permasalahan Kota Bandung, terutama menyelesaikan janji kampanyenya bersama sang wakil Oded M Danial.

"Sekarang paling memaksimalkan pelelangan-pelelangan saja. Sambil memonitor beberapa pekerjaan infrastruktur yang kemarin tidak termonitor (karena cuti kampanye)," ujar Emil, Selasa (10/7/2018).

Emil mengklaim saat ini janji kampanyenya bersama Oded sudah terealisasi mencapai 90 persen. Sementara 10 persen lainnya yang belum terselesaikan adalah masalah transportasi.

"Soal transportasi saya akan selesaikan, bantu saat jadi gubernur," katanya.

Pria berkacamata itu optimis seluruh janji kampanyenya akan terealisasi. Sebab Oded yang semula menjadi wakilnya kini naik tahta menjadi Wali Kota Bandung periode 2018-2023.

"Sisa 10 persen lagi, Mang Oded juga sudah hatam soal transportasi mah," ujar Emil.

Ada beberapa utang Emil-Oded terkait transportasi di Kota Bandung, salah satunya adalah proyek Metro Kapsul Bandung. Proyek ini sebenarnya sudah mulai dicanangkan pada awal Februari 2018 lalu.

Untuk tahap pertama Metro Kapsul akan dibangun di koridor tiga sepanjang 8,3 KM yang memanjang di pusat kota mulai dari Stasiun Bandung, Otista, Dewi Sartika, Pungkur, Buahbatu, Palasari, Ahmad Yani dan kembali ke Stasiun Bandung.

Selain Metro Kapsul, proyek transportasi lainnya yang belum terealisasi adalah 13 trayek Trans Metro Bandung (TMB). Dari jumlah itu, Kota Bandung baru memiliki setengah trayek yang dicanangkan. (tro/ern)