Jelang Asian Games, PHRI Minta Pemda Promosikan Wisata Jabar

Mochamad Solehudin - detikNews
Selasa, 10 Jul 2018 12:28 WIB
Foto: Mochamad Solehudin
Bandung - Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Jawa Barat mendorong agar pemerintah daerah bisa memaksimalkan event Asian Games 2018 untuk promosi wisata ke mata dunia. Sehingga event akbar tersebut bisa berdampak positif terhadap bisnis pariwisata dan hotel di provinsi ini.

Ketua PHRI Jabar Herman Muchtar menuturkan sejauh ini pihaknya belum melihat adanya program yang bisa mendorong geliat pariwisata di Jabar. Padahal pada bulan Agustus mendatang ada event Asian Games di mana Jawa Barat menjadi bagian dalam penyelenggaraanya.

Di Jawa Barat kurang lebih ada 13 venue Asian Games yang tersebar di beberapa wilayah, yakni Kabupaten Subang, Bogor, Kota Bandung dan Bekasi. "Mudah-mudahan pemerintah punya program (mendorong) wisata di Jabar (melalui Asian Games)," kata Herman, di Gedung Sate, Selasa (10/7/2018).

Herman melihat event Asian Games memiliki potensi besar untuk promosi wisata. Karena pada event tersebut kurang lebih akan ada 11 ribu atlet yang datang ditambah para suporternya.

"Jadi saya mendorong agar apa yang bisa dimanfaatkan (kita manfaatkan). Termasuk di Jakarta, kalau bisa ada promosi (wisata Jabar) biar (atlet dan suporter) bisa ke sini. Jangan kayak PON kemarin tidak termanfaatkan, tidak terpromosikan," ujarnya.

Menyinggung mengenai kesiapan hotelnya sendiri, Herman menyatakan sudah siap, termasuk di empat daerah di Jabar yang akan menggelar pertandingan. Jumlahnya mencapai ratusan hotel dengan berbagai kelas.

"Jumlah hotel di Bekasi banyak. Jumlahnya ada ratusan untuk di empat wilayah itu. Kalau untuk di Jawa Barat totalnya mencapai 3.000 hotel," ucapnya. (mso/ern)