Pilbup Bandung Barat 2018

Akui Kekalahan, Rival Ucapkan Selamat Pada Hengky Kurniawan

Rachmadi Rasyad - detikNews
Sabtu, 07 Jul 2018 18:33 WIB
Aa Umbara-Hengky Kurniawan. (Foto: Wisma Putra/detikcom)
Bandung Barat - Hasil rekapitulasi KPU Kabupaten Bandung Barat (KBB) memastikan paslon Aa Umbara Sutisna-Hengky Kurniawan (Akur) memenangi Pilbup Bandung Barat 2018 dengan perolehan mencapai 420.137 suara.

Pasangan yang diusung oleh Demokrat, PAN, PKS dan Nasdem itu menguasai suara mayoritas dengan capaian 46,54 persen. Sementara urutan kedua paslon Doddy Imron Cholid-Pupu Sari Rohayati (Kado) yang diusung oleh Golkar, Hanura, Gerindra dan PBB memperoleh 250.627 (27,76%) suara. Posisi buncit ditempati Elin Suharliah-Maman S Sunjaya (Emas) yang diusung oleh PDIP, PPP dan PKB dengan raihan 194.936 (21,59%) suara.


Menanggapi hal itu Ketua Tim Pemenangan Kado memastikan tidak akan melakukan gugatan ke MK meski KPU telah mempersilakan jika akan melakukan hal tersebut.

"Nampaknya tidak akan (mengajukan gugatan)," ujar Asep melalui pesan singkat, Sabtu (7/7/2018).

Menurut Asep, Tim Kado tidak mengajukan gugatan karena selisih suara melebihi 0,5 persen. Sementara sesuai UU PKPU Pasal 158 Nomor 10 tahun 2016, pengajuan gugatan ke MK harus memenuhi kriteria berupa adanya selisih 0,5-2 persen berdasarkan jumlah populasi penduduk.

"Selisihnya terlalu jauh. Kalau selisihnya 0,5 persen mungkin akan kita pertimbangkan untuk mengajukan gugatan ke MK," ucapnya.

Mewakili tim rival, Asep sudah legowo dan menyampaikan selamat sekaligus harapan atas kemenangan pasangan Akur dalam kontestasi pilkada serentak ini.

"Saya sampaikan ucapan selamat telah menjadi pemenang dalam kontestasi Pilkada KBB. Semoga amanah dan lebih baik dari yang sebelumnya," ujar Asep. (tro/tro)