DetikNews
Sabtu 07 Juli 2018, 09:36 WIB

Belum Ada Tersangka Kasus Rekayasa Nining Tenggelam 1,5 Tahun

Syahdan Alamsyah - detikNews
Belum Ada Tersangka Kasus Rekayasa Nining Tenggelam 1,5 Tahun Kapolresta Sukabumi AKBP Susatyo Purnomo. (Foto: Syahdan Alamsyah/detikcom)
Sukabumi - Polisi tetap melanjutkan proses penyelidikan terhadap kasus Nining Sunarsih (52) yang semula dikabarkan hilang tenggelam dan kini terbukti hanya sebuah rekayasa.

"Kami masih mengumpulkan (bukti), masih dalam rangka penyelidikan. Ini masih tergelar untuk memastikan apa ada tindak pidana di situ. Kalau memang ditemukan ada tindak pidana kami akan menentukan siapa tersangkanya," kata Kapolresta Sukabumi AKBP Susatyo Purnomo pada detikcom, Sabtu (7/7/2018).


Selain memeriksa saksi, Susatyo juga akan melihat berkas-berkas pemeriksaan sejumlah saksi berikut dokumen yang ada.

"Menyusun berkas 1,5 tahun itu bukan persoalan mudah, kita merangkai dan menyusun satu per satu lagi. Setiap serpihan informasi kita tampung kemudian buktikan dengan fakta-fakta yang ada," ujarnya.

Dalam kasus ini polisi berhasil membongkar rekayasa yang dibuat keluarga Nining. Tidak hanya itu polisi juga berhasil mengubah persepsi masyarakat yang menganggap cerita mistis menjadi logis.

"Yang penting saat ini, kami dari kepolisian bisa mengungkap bahwa fakta soal Nining bukan sebuah keajaiban. Bukan peristiwa mistis, itu sesuatu yang logis dan bisa dibuktikan melalui rangkaian penyelidikan," ujar Susatyo.


Pada Jumat 6 Juli kemarin, polisi berhasil mengungkap rekayasa tersebut. Bahkan saat rilis bersama media, polisi menyebut Nining 'menghilang' karena terlilit hutang ke Bank.

"Nining sempat curhat dia punya hutang ke Bank pada DD sang adik. Itu diutarakan Nining dua hari sebelum keluarga dan tetangga berwisata ke Palabuhanratu. Saat itulah ada yang menyusun skenario, seolah Bu Nining hilang. Lama kelamaan ceritanya berubah seolah Nining ini hilang karena tenggelam," ujar Susatyo saat rilis kemarin.
(sya/tro)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed