Satu Bulan Satu Kebaikan di Sukabumi ala Brigadir Sandi Praja

Satu Bulan Satu Kebaikan di Sukabumi ala Brigadir Sandi Praja

Syahdan Alamsyah - detikNews
Sabtu, 30 Jun 2018 16:56 WIB
Brigadir Sandi Praja. (Foto: Syahdan Alamsyah/detikcom)
Brigadir Sandi Praja. (Foto: Syahdan Alamsyah/detikcom)
Sukabumi - Anggota Bhabinkamtibmas dari Sukabumi ini punya program keren. Setiap bulannya polisi bernama Sandi Praja ini menyisihkan gaji dan tunjangan untuk warga yang membutuhkan. Polisi berpangkat Brigadir ini sudah tiga tahun melakukan aksi yang bernama Satu Bulan Satu Kebaikan, seperti apa?

Aksinya itu bermula sejak tiga tahun lalu ditugaskan sebagai anggota Bhabinkamtibmas Polsek Cibadak, Polres Sukabumi. Ia selalu mengawali kegiatan dengan mengunjungi beberapa tempat untuk sekadar mengobrol dan berbuat sosial kepada warga.

"Saya sisihkan gaji dan tunjangan kerja untuk buat dua pos berbeda. Yang satu untuk program Satu Bulan Satu Kebaikan, pos kedua untuk kegiatan-kegiatan besar yang memerlukan biaya tidak sedikit," ujar Sandi kepada detikcom di Mapolsek Cibadak, Sabtu (30/6/2018).

Satu Bulan Satu Kebaikan di Sikabumi ala Brigadir Sandi PrajaFoto: Syahdan Alamsyah

Salah satu programnya ia wujudkan pada Mak Iyah di Kelurahan Karang Tengah yang tinggal sebatang kaara di rumahnya. "Mak Iyah tinggal di rumah gubuk hampir roboh. Atas laporan warga saya ke lokasi. Setelah memastikan, memang perlu saya bantu. Akhirnya saya membobol tabungan selama satu tahun untuk membangun rumah Mak Iyah," tuturnya.

selain Mak Iyah ada juga Mak Esih seorang perempuan tunanetra yang hidup dengan lima orang anaknya. Saat itu Sandi menggerakkan hati pucuk pimpinan di kecamatan bersama pihak desa untuk bersama-sama memperbaiki total rumah Mak Esih yang tak layak.

"Saya ajak seluruh lapisan warga, berikut birokrasi di kecamatan dan desa. Bersama-sama rehab rumah Mak Esih. Saya juga bersykurur bisa mengajak orang lain untuk sama-sama berbuat kebaikan," ucapnya.

Sandi paham, tugasnya sebagai anggota Bhabinkamtibmas tidak sekadar menjaga keamanan tapi juga mendengar keluhan masyarakat. "Kita berperan tidak hanya menjaga keamanan tapi menjaga kepercayaan masyarakat kepada lembaga. Semakin dekat dengan masyarakat, maka keamanan di lingkungan otomatis bisa kami lakukan dengan mudah. Ya, pintu masuknya melalui kegiatan sosial dan ini efektif," ujarnya.

Satu Bulan Satu Kebaikan di Sikabumi ala Brigadir Sandi PrajaFoto: Syahdan Alamsyah

Aksi sosial Sandi diakui oleh Basyumi Yahya, Ketua RW 03 Kampung Pasar Desa Karangtengah, Kecamatan Cibadak. Basyuni menyebut Brigadir Sandi sebagai sosok sangat luar biasa.

"Bagi kami masyarakat biasa kehadiran Pak Sandi dengan sentuhan sosialnya sangat luar biasa. Selama ini masyarakat tahunya polisi hanya untuk keperluan hukum saja, tapi itu berubah setelah beliau ditugaskan di sini. Kami bisa curhat segala macam hal, termasuk persoalan warga sehari-hari," ujar Basyuni. (sya/tro)