detikNews
Jumat 29 Juni 2018, 21:57 WIB

Belasan Warga Sukabumi Keracunan Daging Tercampur Pestisida

Syahdan Alamsyah - detikNews
Belasan Warga Sukabumi Keracunan Daging Tercampur Pestisida Warga menunjukan lokasi tempat daging dicuci air sawah yang tercampur racun pembasmi hama. (Foto: ist.)
Sukabumi - Belasan warga di Sukabumi keracunan usai menyantap daging ayam di acara pernikahan. Setelah diselidiki polisi, keracunan itu disebabkan pestisida yang tercampur dalam air sawah yang digunakan saat mencuci daging.

Peristiwa hajatan berujung insiden keracunan itu berlangsung di Kampung Cikupa RT 021/003, Desa Pagelaran, Kecamatan Purabaya, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Rabu (27/6). Polisi baru menerima laporan pada Kamis (28/6).

"Berdasarkan informasi, anggota melakukan penyelidikan. Hasil pemeriksaan ada 12 orang warga yang mengalami keracunan setelah menyantap hidangan daging di tetangganya yang tengah menggelar hajatan pernikahan," kata Kapolres Sukabumi, AKBP Nasriadi kepada detikcom, Jumat (29/6/2018).

Menurut Nasriadi, warga mengaku mulas dan pusing usai mengonsumsi daging. "Kesimpulan dari Puskesmas setempat menyebut warga terdampak keracunan akibat pestisida," ujar Nasriadi.

Berdasarkan informasi itu, polisi menyelidiki dan mengungkap penyebab keracunan massal. Ternyata daging ayam yang dicuci sebelum dihidangkan itu tercampur dengan zat pembasmi hama.

"Air dari sawah milik seorang warga berinisial AS terkontaminasi pestisida untuk meracun hama siput. Sebelum hajatan, AS menaburi sawahnya menggunakan racun tersebut, oleh pihak yang menggelar hajatan airnya digunakan untuk mencuci daging," tutur Nasriadi.

Polisi sudah memeriksa AS. Penyelidik masih menelusuri apakah ada unsur pidana atau tidak.

"Dari kediaman AS, kita menyita satu kemasan obat atau racun pembasmi siput sawah," kata Nasriadi.
(bbn/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com