Calon Petahana Pilbup Cirebon Klaim Menang 45 Persen Suara

Sudirman Wamad - detikNews
Rabu, 27 Jun 2018 18:59 WIB
Foto: Sudirman Wamad
Cirebon - Cabup Petahana Pilbup Cirebon Sunjaya Purwadisastra mengklaim menang dalam perhitungan suara cepat alias quick count yang dilakukan secara internal.

Sunjaya merupakan cabup yang diusung PDI Perjuangan, berpasangan dengan Imron Rosadi. Sekitar pukul 17.20 WIB, ditemani dengan timnya, Sunjaya mengumumkan kemenangannya dalam perhitungan suara cepat dengan meraih suara sebesar 45 persen dari 350 TPS yang dijadikan sampel. Sedangkan, untuk total TPS yang ada di Kabupaten Cirebon sebanyak 3.650 TPS.

"Jumlah TPS yang masuk di data ada 350 TPS, dari jumlah TPS itu menunjukkan keberuntungan, kita meraih 45 persen. Ini adalah hal wajar," kata cabup nomor urut dua itu saat pers konpers di kediamannya, Desa Adidarma, Kecamatan Gunungjati, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Rabu (27/6/2018).
Sunjaya mengaku senang dengan hasil dari quick count tersebut. Ia pun yakin menang dalam perhitungan real count. Margin error dalam perhitungan quick count versi timnya itu, lanjut dia, hanya tiga persen.

"Sebelumnya kita memprediksi bisa meraih suara hingga 50 persen. Tapi dari hasil quick count tadi hasilnya hanya 45 persen. Kita mengucapkan terimakasih kepada masyarakat Cirebon yang telah memberikan kepercayaan kepada Sunjaya," katanya.

Sekedar diketahui, Pilbup Cirebon diramaikan oleh empat pasangan calon. Pertama pasangan Kalinga-Dian H Santi yang diusung Gerindra dan PKS. Nomor urut dua pasangan Sunjaya Purwadisastra-Imron Rosadi yang diusung PDI Perjuangan. Nomor urut tiga pasangan Rahmat-Yayat Rukhiyat yang diusung Golkar, PBB dan Demokrat. Terakhir, pasangan nomor urut empat yakni Muhamad Lutfi-Nurul Qomar yang diusung oleh Nasdem dan PKB.
(ern/ern)