Ini Kriteria Agar Menang Hadiah Lomba TPS Unik di Bandung

Mukhlis Dinillah - detikNews
Selasa, 26 Jun 2018 14:00 WIB
Bandung menjawab di Taman Sejarah, Kota Bandung. (Foto: Mukhlis Dinillah/detikcom)
Bandung - KPU dan Pemkot Bandung menantang warga membuat tempat pemungutan suara (TPS) keren. Ada tiga kriteria perlombaan TPS yang bisa diikuti warga. Apa saja?

Ketua KPU Kota Bandung Rifqi Alimubarok mengatakan ada tiga kategori penilaian perlombaan TPS. Pertama kriteria TPS harus kreatif dari segi dekorasi.

"Intinya harus menghadirkan kreatifitas setiap TPS. Misalnya dekorasi Piala Dunia dan sebagainya," kata Rifqi saat acara Bandung Menjawab di Taman Sejarah, Jalan Wastukencana, Kota Bandung, Selasa (26/6/2018).

Kriteria selanjutnya yakni TPS partisipatif. Artinya, TPS tersebut dinilai dari tingkat partisipasi pemilih yang menggunakan hak suaranya.

"Terakhir itu TPS aksesibel. Jadi sejauh mana TPS tersebut memberikan akses kepada penyandang disabilitas," ujarnya.

Nantinya, kata Rifqi, KPU dan Pemkot Bandung akan memberikan hadiah uang tunai kepada TPS yang dianggap paling unik dan terbaik setelah dilakukan penilaian secara menyeluruh.

"Memenuhi satu kriteria saja bisa menang. Nanti ada hadiahnya, kemungkinan uang tunai," katanya.


Sebelumnya, Kabag Humas Pemkot Bandung Yayan A Brillyana mengatakan perlombaan ini dibuat sebagai upaya memikat warga menunaikan haknya di TPS. Bukan tidak mungkin warga akhirnya mau datang ke TPS karena dekorasinya yang menarik.

"Iya (tujuannya) untuk menarik pemilih datang ke TPS," ujar Yayan.

Seperti diketahui pada Rabu 27 Juni besok warga Kota Bandung yang telah memiliki hak pilih akan mencoblos di TPS. Warga akan mencoblos untuk Pilwalkot Bandung dan Pilgub Jabar 2018. (mud/tro)