DetikNews
Senin 25 Juni 2018, 18:18 WIB

Polisi Jamin Pilkada Serentak di Bandung Aman

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Polisi Jamin Pilkada Serentak di Bandung Aman Polisi jamin keamanan Kota Bandung saat pencoblosan. (Foto: Dony Indra Ramadhan/detikcom)
Bandung - Polrestabes Bandung menjamin keamanan Pilkada Serentak di Kota Bandung. Puluhan ribu personel gabungan dikerahkan untuk mengawal TPS termasuk gangguan kamtibmas lain.

"Kita siap menjamin pelaksanaan Pilkada serentak khsususnya yang diselenggarakan di Kota Bandung akan berjalan dengan aman," ujar Kapolrestabes Bandung Kombes Hendro Pandowo usai apel pergeseran pasukan pengamanan Pilkada di Mapolrestabes Bandung, Jalan Jawa, Kota Bandung, Senin (25/6/2018).

Total personel yang dikerahkan sendiri mencapai 12.875 orang yang terdiri dari Polri, TNI dan Linmas. "Khusus TPS saja kita menyiapkan 1.100 personel untuk 4.419 TPS di Kota Bandung. Kita all out," ujarnya.

Selain mengamankan TPS dan berbagai macam kebutuhan saat pencoblosan, polisi juga dikerahkan untuk mengawasi berbagai ancaman gangguan kamtibmas. Sebab, kata Hendro, bukan tidak mungkin saat fokus masyarakat tertuju pada pilkada serentak, aksi kejahatan baik di jalan atau di pemukiman bisa saja terjadi.

Pihaknya berjanji akan menindak tegas pembuat onar saat pencoblosan. "Kita akan tindak tegas siapa pun yang mengganggu kondusifitas selama berlangsungnya pilkada serentak ini. Kita sampaikan, Kota Bandung aman bagi masyarakat tapi tidak aman bagi pelaku kejahatan," kata Hendro menegaskan.

Seperti diketahui saat tanggal 27 Juni 2018 nanti masyarakat Kota Bandung akan mengikuti Pilkada serentak 2018. Masyarakat akan datang ke TPS untuk menggunakan hak pilihnya dalam Pilgub Jabar dan Pilwalkot Bandung.
(dir/tro)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed