DetikNews
Senin 25 Juni 2018, 17:15 WIB

Ini Kata Polisi dan MUI Soal Penampakan di Geopark Ciletuh

Syahdan Alamsyah - detikNews
Ini Kata Polisi dan MUI Soal Penampakan di Geopark Ciletuh Lingkaran merah penampakan di Geopark Ciletuh. (Foto: Tangkapan layar Facebook Yuni Yulianti)
Sukabumi - Warganet Sukabumi dihebohkan dengan unggahan video di akun media sosial (medsos) Yuni Yulianti pada Minggu (24/6/2018). Video yang merekam penampakan itu dikomentari ratusan warganet dan dibagikan lebih dari 1.000 kali.

Menanggapi hal itu, Kapolres Sukabumi AKBP Nasriadi meminta warganet untuk tidak mudah mempercayai postingan itu. "Masyarakat jangan takut, yang penting pada saat berkendara harus fokus dan hati-hati," kata Nasriadi melalui pesan singkat yang diterima detikcom, Senin (25/6/2018).

Dihubungi terpisah, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Oman Komarudin mengimbau masyarakat agar tidak cepat mempercayai postingan yang viral tersebut.

"Kami mengimbau masyarakat kalau ada apa-apa agar tidak lekas percaya ketika melihat sebuah postingan, tabayun agar tidak timbul hal-hal yang tidak diinginkan," kata Oman.

Ia juga mengingatkan jalur yang viral tentang penampakan tersebut merupakan jalan yang masih baru dan rawan kecelakaan lalu lintas. Sehingga pengendara harus lebih hati-hati. "Apalagi jalan yang baru itu sangat rawan sekali, pengendara harus berhati-hati jangan terlalu cepat percaya dengan informasi yang belum jelas," ujar Oman.


Dalam unggahannya pemilik akun memang sengaja tidak menegaskan adanya penampakan yang diduga direkam di sekitar Geopark Ciletuh, Sukabumi. Ia hanya menulis keterangan "Coba perhatikan .. Ada yg aneh ga di jalan yg mw ke ciletuh???" tulis Yuni.

Saat dikonfirmasi detikcom, pemilik akun yang merekam sekaligus menyebar video tersebut belum merespon.
(sya/tro)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed