DetikNews
Senin 25 Juni 2018, 12:18 WIB

Pilbup Garut

Begini 'Ritual' Polisi-Tentara Garut Jelang Kawal Pencoblosan

Hakim Ghani - detikNews
Begini Ritual Polisi-Tentara Garut Jelang Kawal Pencoblosan Acara botram di Mapolres Garut. (Foto: Hakim Ghani/detikcom)
Garut - Jelang masa pencoblosan Pilbup Garut 2018 pada 27 Juni, polisi dan tentara berkumpul. Mereka menggelar 'ritual' sebelum bertugas mengawal pengamanan pesta demokrasi lima tahunan tersebut.

Personel Polri dan TNI berkumpul di Mapolrestabes Garut, Jalan Sudirman, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Senin (25/6/2018) pagi, setelah apel gelar pasukan Ops Mantapraja Pilkada 2018. Mereka berbaur untuk botram.

Beragam makanan mereka santap bersama, mulai dari ketoprak, bubur hingga batagor. Para personel tentara dan polisi yang bertugas di Garut ini tampak menikmati. Mereka saling bercengkerama. Sebagian terlihat ngobrol dan bersalaman satu sama lain.

Kapolres Garut AKBP Budi Satria Wiguna mengatakan hal itu dilakukan untuk meningkatkan sinergitas dan keakraban atas keduanya. "Menghibur anggota. Mereka baru selesai melaksanakan pam arus mudik selama 18 hari hingga malam tadi. Sekarang langsung disambung mengamankan Pilkada," ujar Budi.

Menurut Budi, anggotanya dan TNI di Garut bersama jajaran Linmas, siap mengamankan berbagai hal di Pilbup Garut 2018. Mulai dari pengawalan dan penjagaan surat suara hingga mengamankan proses pencoblosan.

"Kita siap untuk mengamankan Pilkada. Kami berharap agar Pilkada damai dan lancar," katanya.

Keakraban antara personel TNI-Polri itu ditutup dengan halal bihalal yang dilanjutkan acara hiburan.

Sementara itu, ribuan personel TNI-Polri di Garut siap mengamankan Pilkada. Ada ribuan personel yang dikerahkan. Termasuk pasukan bantuan dari Polda Jabar.

"Sebenarnya ada lebih dari 12 ribu. Polrinya ada 990-an, dibantu TNI dan Linmas yang paling banyak," ujar Budi.
(bbn/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed