DetikNews
Senin 25 Juni 2018, 11:15 WIB

Tiga Pendaki Dievakusi Dari Jalur Pendakian Gunung Pangrango

Syahdan Alamsyah - detikNews
Tiga Pendaki Dievakusi Dari Jalur Pendakian Gunung Pangrango Tiga pendaki berhasil dievakuasi. (Foto: Istimewa)
Sukabumi - Tim SAR gabungan melakukan evakuasi terhadap tiga pendaki Gunung Gede Pangrango. Setelah melalui medan sulit para pendaki asal Jakarta itu berhasil dievakuasi ke jalur pendakian Gegeber, Salabintana, Sukabumi, Jawa Barat, Senin (25/6/2018) dinihari.

Koordinator Pos SAR Basarnas Sukabumi Aulia Solihanto mengatakan awalnya mendapat informasi ada tiga pendaki dalam kondisi yang dikhawatirkan mengalami kelelahan dan mengalami hipotermia.

"Awalnya ada enam pendaki tiba di Pos Jaga Panthera melapor ada tiga temanya dalam kondisi kelelahan dan sepatu jebol di Gegeber minta pertolongan," katanya kepada detikcom melalui sambungan teleponm, Senin (25/6/2018).

Volunteer Panthera lalu mengabarkan informasi tersebut ke Pos SAR Sukabumi. "Ada tiga orang survivor mengalami kelelahan di jalur pendakian. Tiga survivor itu SG (24), VK (24) dan AR (24)," kata Aulia.

Menurut Aulia cuaca saat evakuasi kurang bersahabat. Selain hujan deras, angin kencang juga mengganggu perjalanan tim gabungan saat melakukan penyelamatan.

"Panthera lebih dulu berangkat, menyusul tim kedua sambil meminta bantuan tim dari Pos SAR Sukabumi. Sekitar pukul 1.20 WIB tim rescue Pos SAR Sukabumi tiba di Pos Panthera dan berkoordinasi dengan Tim Panthera untuk membuat rencana pencarian dan proses evakuasi," ujarnya.

"Sekitar pukul 2.00 WIB Tim SAR Gabungan melakukan proses evakuasi survivor dari LKP, Gegeber menuju Pos Panthera di Salabintana," lanjut Aulia.

Proses evakuasi dan penyelamatan pendaki berjalan dengan lancar. Ketiganya korban berhasil dibawa ke Pos Panthera dan langsung dilakukan penanganan oleh tim PMI.

"Para survivor sudah selesai dievakuasi dan ditangani PMI di pondok Pos Panthera dalam keadaan selamat. Operasi SAR dinyatakan selesai," tandas Aulia.
(sya/tro)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed