DetikNews
Sabtu 23 Juni 2018, 23:58 WIB

Pilkada Serentak 2018

KPU Jabar Larang Pemilih Bawa Smartphone saat Pencoblosan

Mukhlis Dinillah - detikNews
KPU Jabar Larang Pemilih Bawa Smartphone saat Pencoblosan Ketua KPU Jabar Yayat Hidayat (Foto: Mochamad Solehudin/detikcom)
Bandung - KPU Jabar punya aturan main untuk warga yang menyalurkan hak pilih di TPS saat pencoblosan Pilkada serentak pada 27 Juni 2018. Pemilih dilarang menggunakan atribut kampanye dan tidak diperkenankan membawa gawai semacam telepon pintar.

"Pemilih tidak boleh mengenakan atribut kampanye saat mencoblos, juga enggak boleh bawa smartphone. Karena smartphone akan mengganggu asas kerahasiaan. Kalau atribut itu kan sudah tidak masa kampanye, jadi tidak boleh" kata Ketua KPU Jabar Yayat Hidayat saat dihubungi via telepon genggam, Sabtu (23/6/2018).


Menurutnya larangan ini juga berlaku untuk saksi yang ditempatkan pasangan calon (paslon) peserta Pilkada di TPS. Mereka hanya diperbolehkan mengenakan tanda pengenal saksi dari KPU.

"Kalau ada saksi atau pemilih yang memakai atribut, kami menginstruksikan petugas untuk mencopotnya," tuturnya.

Menurut Yayat, KPU sudah melatih petugas di TPS untuk memastikan seluruh mekanisme pemungutan suara berjalan lancar. Sehingga petugas akan bertindak sesuai aturan.

"Pelatihan sudah dilakukan KPU kabupaten dan kota, supaya bisa memastikan petugas KPPS memahami tugas mereka di TPS," ujar Yayat.


(bbn/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed