DetikNews
Kamis 21 Juni 2018, 13:01 WIB

Tol Cipali Lancar, Baru 57 Persen Pemudik yang Balik Jakarta

Sudirman Wamad - detikNews
Tol Cipali Lancar, Baru 57 Persen Pemudik yang Balik Jakarta Foto: Sudirman Wamad
Cirebon - Situasi arus lalulintas di Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) pada H+5 setelah lebaran masih ramai lancar. Namun jumlah kendaraan cenderung mengalami penurunan dibandingkan hari sebelumnya.

Pantauan detikcom di pintu Tol Palimanan tak terlihat antrean panjang kendaraan. Antrean di pintu tol hanya dua sampai empat kendaraan.


Sejak pagi hingga siang ini PT Lintas Marga Sedaya (LMS) selaku pengelola Tok Cipali hanya membuka 17 gardu tol di Tol Palimanan dari total maksimal 26 gardu tol. General Manager Operional (GMO) PT LMS Suyitno mengatakan arus lalulintas pada hari ini terlihat lengang lantaran pemberlakukan sistem one way atau satu arah pada Rabu (20/6/2018) kemarin, dari sore hingga malam hari.

"Diprediksi arus lalulintas masih tetap tinggi hingga hari Minggu (24/6/2018) nanti. Karena baru 57 persen dari total pemudik yang sudah balik ke Jakarta," kata Suyitno dalam keterangan yang diterima detikcom, Kamis (21/6/2018).

Suyitno juga tak menampik hari ini hingga Minggu nanti sistem one way bisa dilakukan kembali ketika terjadi kepadatan arus lalulintas di Tol Cipali. Mengingat masih ada pemudik yang belum baik ke Jakarta.

"Tidak akan menutup kemungkinan akan diberlakukan kembali penerapan one way dari Jawa menuju Jakarta bila terjadi kepadatan lalu lintas hingga hari Minggu ini. Kami juga menyarankan bagi para pegguna jalan tol Cipali untuk menggunakan semua fasilitas yang ada," katanya.


Sebelumnya, PT LMS merilis sebanyak 528.957 kendaraan lewat Tol Cipali selama arus mudik Lebaran 2018. "Masih ada 42 persen yang belum kembali. Kemungkinan yang 42 persen ini balik pada besok hingga Minggu (24/6/2018) mendatang," kata General Manager Operasional (GMO) PT LMS Suyitno kepada awak media di pintu Tol Palimanan, Cirebon, Jawa Barat, Rabu (20/6/2018).



(ern/ern)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed