DetikNews
Kamis 21 Juni 2018, 09:58 WIB

Buaya Misterius Bikin Geger Citarum Tiba-tiba Menghilang

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Buaya Misterius Bikin Geger Citarum Tiba-tiba Menghilang Penampakan buaya yang buat geger di Sungai Citarum. (Foto: Wisma Putra/detikcom)
Bandung - Seekor buaya yang sempat membuat geger karena mucul di bantaran Sungai Citarum beberapa waktu lalu, secara tiba-tiba kini menghilang.

"Buaya sampai sekarang enggak muncul lagi, enggak keluar lagi," ujar Kepala Bidang KSDA Wilayah II Soreang Memen Suparman saat berbincang dengan detikcom disela-sela penyerahan macan tutul di Kebun Binatang Bandung, Jalan Tamansari, Kota Bandung, Kamis (21/6/2018).
Memen mengatakan buaya tersebut sempat beberapa kali akan dievakuasi dari Sungai Citarum. Upaya terakhir yang dilakukan adalah dengan metode tembak bius.

"Dua hari setelah dibius sempat muncul lagi terakhir tanggal 8 Juni. Setelah itu dia masuk ke dalam selokan yang airnya hitam. Kita pagari di situ supaya enggak masuk lagi ke sungai yang besar," ucapnya.

Pihaknya belum bisa memprediksi bagaimana nasib buaya tersebut saat ini. Namun, kata Memen, ada dua kemungkinan yakni buaya mati di selokan atau masuk kembali ke Sungai Citarum.

"Kalau masuk selokan itu kan limbah banyak, airnya hitam dan tidak ada makanan, ya mungkin bisa mati. Tapi kalau masuk lagi ke Citarum, kemungkinan masih hidup karena banyak makanan. Kita belum bisa prediksi, kita pantau terus," katanya.
Dengan menghilangnya buaya tersebut, BBKSDA akhirnya menarik posko pengamatan yang sebelumnya dibentuk. Namun pihaknya akan tetap melakukan pemantauan melalui warga dan relawan di sekitar lokasi.

"Posko sementara kita tarik, tapi kita memberikan nomor quick respons. Jadi kalau ada apa-apa bisa langsung diinformasikan," ujar Memen.
(dir/tro)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed