DetikNews
Rabu 20 Juni 2018, 22:21 WIB

Debat Pilwalkot Sukabumi Mendadak Batal Digelar

Syahdan Alamsyah - detikNews
Debat Pilwalkot Sukabumi Mendadak Batal Digelar Ketua KPU Kota Sukabumi Hamzah melalui pengeras suara menyampaikan pembatalan Debat Pilwalkot Sukabumi. (Foto: Syahdan Alamsyah/detikcom)
Sukabumi - Debat Pilwalkot Sukabumi 2018 putaran kedua atau terakhir yang dijadwalkan malam ini mendadak dibatalkan. Padahal ratusan pendukung para pasangan calon (paslon) telah hadir di dalam Gedung Anton Soedjarwo, Kompleks Setukpa Mabes Polri, Kota Sukabumi, Jawa Barat. Hajatan tersebut urung digelar gara-gara pihak panitia belum mengantongi izin dari pemilik gedung.


Di arena panggung debat itu terlihat pasangan nomor urut 1 Jona Arizona-Hanafie Zain, nomor urut 2 Achmad Fahmi-Andri Hamami, nomor urut 3 Mulyono-Ima Slamet, dan nomor urut 4 Dedi R Wijaya-Hikmat Nuristawan. Pantauan detikcom, Rabu (20/6/2018) malam, sekitar pukul 20.00 WIB, suasana tiba-tiba gaduh saat Ketua KPU Kota Sukabumi Hamzah naik ke atas panggung dan menyampaikan pengumuman bahwa debat terakhir ini batal dilaksanakan.

"KPU mendapat musibah dan ujian. Kami menyesal dan meminta maaf debat tidak bisa dilakukan. Alasannya pemilik gedung bapak jendral yang di Jakarta sana, tidak mengizinkan penggunaan gedung ini," kata Hamzah menggunakan pengeras suara.


Menurut Hamzah, pihaknya sudah melakukan koordinasi, namun segala upaya yang dilakukannya tidak dapat mengubah keadaan. "Kami meminta maaf yang sebesar-besarnya. Semoga semua bisa tetap menjaga kondusifitas," ucap Hamzah.

Sejumlah hadirin terlihat kecewa. "Huuuu...huuu," teriak mereka di gedung tersebut. Situasi terkendali setelah masing-masing paslon menenangkan pendukungnya.
(sya/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed