DetikNews
Rabu 20 Juni 2018, 17:27 WIB

Arus Balik di Ciamis Masih Terpantau Padat

Dadang Hermansyah - detikNews
Arus Balik di Ciamis Masih Terpantau Padat Foto: Dadang Hermansyah
Ciamis - Volume kendaraan arus balik dari arah Jawa Tengah menuju arah Bandung masih terpantau padat di jalur selatan Ciamis, Jawa Barat sejak Rabu siang (20/6/2018). Diprediksi makin malam akan semakin meningkat.

Berdasarkan pantauan arus mudik dari Posko Dinas Perhubungan Ciamis, rata-rata yang melintas dari timur ke barat mencapai 1.652 kendaraan/jam. Masih didominasi oleh sepeda motor dan mobil pribadi.

"Pantauan kami arus balik yang melintas di jalur selatan Ciamis masih tinggi. Sejak pagi sampai siang terus meningkat, mungkin sampai malam masih terus terjadi peningkatan," ujar Sekretaris Dinas Perhubungan Ciamis Eddy Yulianto.

Menurutnya, arus balik akan terjadi hari ini, karena para pegawai akan kembali ngantor pada Kamis (21/6/2018).

"Untuk para pegawai besok sudah mulai masuk kantor. Sebagian masyarakat yang memang berangkat pada hari ini," tuturnya.

Berbeda dengan hari sebelumnya, kendaraan yang melintas terpantau berpelat dari berbagai daerah seperti Jakarta, Bogor dan sekitarnya. Namun saat ini kendaraan yang melintas lebih banyak asal Bandung.

"Sekarang yang balik lebih banyak kendaraan berplat D sebagian masih ada asal Jakarta," katanya.

Sementara itu Kasat Lantas Polres Ciamis Akp Agoeng Ramadhani menuturkan arus balik di wilayah hukum Polres Ciamis masih cukup tinggi. Sejak dua hari terakhir pihaknya beberapa kali mengalihkan arus lalu lintas di simpang tiga Sindangkasih.

Kendaraan yang datang dari arah timur menuju barat yang biasa melintas di jalan Cihauebeuti menuju Ciawi, dialihkan ke Kota Tasikmalaya menuju Garut via Singaparna.

"Apabila di daerah Gentong padat sampai Ciawi kami lakukan pengalihan arus. Kalau lancar tidak ada pengalihan," pungkasnya.


(ern/ern)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed