Indodata: Yossi-Aries Meroket, Petahana Melorot Posisi Tiga

Mukhlis Dinillah - detikNews
Rabu, 20 Jun 2018 16:08 WIB
Foto: istimewa
Bandung - Jelang masa tenang pada Minggu 24 Juni 2018, Indodata merilis hasil survei Pilwalkot Bandung dengan hasil pasangan calon (paslon) nomor urut dua Yossi Irianto-Aries Supriatna unggul mencapai 38,2 persen.

Nurul Arifin-Chairul Yakin Hidayat menyusul dengan tingkat elektabilitas 30,2 persen. Sementara petahana Oded M Danial-Yana Mulyana berada di posisi buncit dengan tingkat keterpilihan 21,4 persen.

Direktur Eksekutif Indodata Danis T Saputra mengatakan keunggulan Yossi-Aries pada survei ini karena pemilih menilai keduanya berpengalaman dan memiliki program nyata untuk Kota Bandung.

"Yossi-Aries bahkan berpeluang menguat menjadi 40-60 persen karena pengaruh dukungan Ridwan Kamil sebagai wali kota sebelumnya," kata Danis dalam rilis hasil survei yang diterima detikcom, Rabu (20/6/2018).
Sedangkan elektabilitas Nurul-Chairul melonjak karena citra kepala daerah perempuan dianggap berhasil seperti yang dilakoni Risma Tri Maharani di Surabaya.

"Image Ibu Risma di Surabaya sebagai pemimpin perempuan yang sukses juga cukup berpengaruh. Lalu ada penguatan penokohan Chairul sebagai cucu Hos Tjokroaminoto dianggap cukup berhasil," katanya.

Di sisi lain, kata Danis, elektabilitas Oded-Yana yang biasa meroket justru melorot karena beberapa isu yang dibangun oleh dua partai pengusung yakni PKS dan Gerindra. "Isu PKS yang tidak mengakomodir kearifan lokal. Ditambah ada isu soal radikalisme juga," katanya.

Survei Indodata kali ini menggunakan metode mix method atau menggabungkan informasi data terbuka dan informasi data tertutup. Metode campuran ini pada survei Februari lalu melibatkan 1.241 responden dan margin error 2,78 persen. Penelitian tanggal 11 hingga 18 Juni 2018 dilakukan terhadap 1.241 responden dan margin error 2,78 persen. Kemudian penelitian dilanjutkan penelitian kualitatif pada Juni 2018 dengan melakukan analisa terhadap isu media dan wawancara masyarakat yang dilakukan secara purposive.

Sebelumnya Indodata juga telah melakukan tiga kali survei terkait Pilwalkot Bandung. Pada survei Februari 2018 hasilnya pasangan Yossi-Aries mendapatkan 35,2 persen, sementara Oded-Yana berada di posisi kedua dengan 33,9 persen dan Nurul-Chairul di posisi ketiga 18,2 persen.

Pada survei kedua pada April 2018 Oded-Yana mulai mendekati pasangan Yossi-Aris dengan selisih tipis. Pada survei kedua itu Oded-Yana meraih 35,4 persen dan Yossi-Aris 37,7 persen. Sementara Nurul-Chairul masih di posisi ketiga dengan 19,7 persen.

Kemudian survei ketiga yang dilakukan Mei 2018 Yossi-Aries unggul telak dibandingkan paslon lainnya. Paslon Yossi-Aries meraih 38,2 persen dan Oded-Yana di posisi kedua 29,3 persen. Paslon Nurul-Chairul terpaut sedikit dari posisi kedua yakni 27,8 persen. (mud/tro)